Home BANTEN Normalisasi Kalimati Dimulai

Normalisasi Kalimati Dimulai

0
SHARE
NORMALISASI: Alat berat proyek normalisasi Kali Mati diturunkan ke aliran Kali Mati di Kecamatan Pontang, Sabtu (7/9). FOTO: Warga for Banten Ekspres

SERANG-Proyek normalisasi aliran Kali Mati di Serang Utara sudah dimulai. Sejumlah alat berat untuk mengerjakan proyek tersebut sudah ditempatkan di lokasi.

Sekadar diketahui, proyek normalisasi Kali Mati dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3). Bekas aliran Sungai Ciujung itu melintasi Kecamatan Pontang, Tirtayasa, dan Lebakwangi.

Camat Pontang Daba mengatakan, saat ini sudah ada dua alat berat yang ditempatkan di Kecamatan Pontang. Alat berat itu sudah datang sejak Sabtu (7/9). “Alat beratnya sudah ada, sebelumnya juga sudah ada pemberitahuan,” katanya melalui sambungan telepon seluler, Minggu (8/9).

Daba mengatakan, dua alat berat itu juga sudah diterjunkan ke aliran Kali Mati dan sudah melakukan pengerukan.

Pihaknya mengaku sempat mendapatkan keluhan dari masyarakat karena penempatan alat berat yang sebelumnya di pinggir jalan menimbulkan kemacetan. “Sekarang (kemarin-red) mah sudah lancar,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Serang Hatib Nawawi mengaku belum mengetahui normalisasi Kali Mati sudah dimulai. “Kalau sudah ada alat beratnya, mungkin sudah dimulai, saya belum dapat konfirmasinya, coba nanti saya koordinasi ke Balai Besar,” katanya.

Pemuda Kecamatan Tirtayasa Muhajir mengatakan, penurunan alat berat itu sempat membuat warga kaget. Karena, tidak ada sosialisasi teknis pengerjaan proyek kepada masyarakat. “Kami berharap teknis pelaksanaannya disosialisasikan kepada masyarakat, pekerjaannya juga harus dilakukan sesuai SOP,” katanya.

Muhajir mengatakan, sosialisasi teknis pengerjaan perlu dilakukan supaya tujuan proyek yang baik itu dapat disambut oleh masyarakat. “Setelah normalisasi kami juga meminta pihak perusahaan dan Pemda menfasilitasi acara Istighosah dan Ruatan Sungai yang merupakan budaya masyarakat sekitar,” ujarnya. (rbn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here