Home BANTEN Kekompakan Warga di Daerah Perbatasan

Kekompakan Warga di Daerah Perbatasan

0
SHARE

CINANGKA – Kekompakan warga membuat tradisi gotong royong terjaga di RW 002, Kampung Puri, Desa Bantarwangi, Kecamatan Cinangka. Perkampungan itu berada di perbatasan Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Ketua RW 002, Kampung Puri, Asfani Karna menjelaskan bahwa tradisi gotong royong tak hanya dalam kegiatan kemasyarakatan. Namun, juga kegiatan keagamaan.

“Gotong royong, biasa itu mah. Pada hayu (kebersamaan-red). Biasanya, Jumat bersih (Jumsih) mulai dari pagi,” ujarnya kepada Radar Banten, Rabu (18/9).

Lelaki yang akrab disapa Abah Asfani itu mengatakan, kampungnya berbatasan langsung dengan Desa Cinoyong, Kabupaten Pandeglang, dan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. “Alhamdulillah, warga mah kompak. Baik itu dalam kebersihan maupun menjaga keamanan lingkungan,” katanya.

Kendati demikian, ia mengakui jika perkampungannya yang ditunjuk Pemerintah Desa Bantarwangi untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman, belum ada bak atau tempat penampungan sampah sementara. Makanya, warga Puri membuang dan membakar sampah di samping atau belakang rumahnya.

“Harusnya memang ada tempat umum buat pembuangan sampah,” cetusnya. “Kalau pos ronda, alhamdulillah berjalan. Warga bergantian jaga malam. Tiap malam, ada 11 warga bertugas menjaga lingkungan. Kita juga punya satu petugas keamanan atau hansip,” sambung Asfani.

Senada dikatakan Ketua RT 04 RW 002, Kampung Puri, Purnawirawan. Ia menyatakan bahwa kampungnya rutin menjadi juara lomba kampung bersih tingkat Desa Bantarwangi. “Kampung kita memang langganan juara kampung bersih tingkat desa. Di awal pengumuman Lomba Kampung Bersih dan Aman, kita sudah siap. Alhamdulillah, warga kita masih kompak, terutama gotong royong membersihkan lingkungan. Keamanan juga begitu. Tapi, ditunggu belum ada yang memeriksa,” tuturnya. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here