Home TANGERANG HUB Bangun Sinergi, Bea Cukai Kunjungi Tangerang Ekpres

Bangun Sinergi, Bea Cukai Kunjungi Tangerang Ekpres

0
SHARE
FOTO BERSAMA: Rombongan Bea Cukai Banten dan Alam Sutera foto bersama jajaran Tangerang Ekspres di lobi kantor Tangerang Ekspres, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

TANGERANG-Kantor redaksi Tangerang Ekspres, di Jalan Hartono Raya, Cikokol, Tangerang, kedatangan tamu istimewa, Kamis (3/10). Adalah perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Banten dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Alam Sutera. Kunjungan ini, salah satunya dilakukan guna menjalin sinergi dengan Tangerang Ekspres.

Kunjungan tersebut dipimpin Kasi BK Humas Kanwil DJBC Banten Partogi Siahaan dan Kasi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi KPPBC Alam Sutera, Wisnu Nuryanto. Bersama dua pejabat ini, tujuh staf pelaksana turut mendampingi.

Setelah beramah tamah, Kasi BK Humas Kanwil DJBC Banten Partogi Siahaan, mengungkapkan maksud dan tujuan mereka datang ke kantor harian Tangerang Ekspres. Menurut Partogi, mereka bermaksud untuk menjalin sinergi dengan media, khususnya media lokal yang ada di Tangerang. “Salah satunya kami ingin sharring bagaiaman cara menulis di media,” katanya.

Kasi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi KPPBC Alam Sutera, Wisnu Nuryanto menambahkan, ada tiga misi yang mereka bawa dalam kunjungan ini. Pertama, untuk bersilaturahmi. Tentu saja, sebagai aparat pemerintahan Bea Cukai juga perlu berkenalan dengan media massa yang menjadi salah satu stakeholder pemerintah. “Tentu saja kami ingin berkenalan dengan media, khususnya media lokal yang ada di Tangerang,” katanya.

Kemudian, lanjut Wisnu, rencananya dalam waktu dekat Bea Cukai Banten dan Alam Sutera juga akan membuat media komunikasi berbasis majalah. Untuk itu, mereka ingin mendapatkan masukan dari praktisi media bagaimana menyajikan majalah dengan baik. “Kami akan launching majalah. Jadi, ingin belajar bagaimana menulis berita itu,” ucapnya.

Selain itu, kata Wisnu, pihaknya juga ingin membangun kerja sama yang saling mengungtungkan atau simbiosis mutualisme. Apalagi, salah satu peran media adalah memublikasikan kinerja yang telah dilakukan Bea Cukai. “Sejauh ini kita sudah bekerja sama dengan Tangerang Ekpsres. Setiap ada konferensi pers kita selalu undang dan kita sering kirim juga release terkait kinerja Bea Cukai,” paparnya.

Kunjungan personel Bea Cukai ini, disambut pimpinan Tangerang Ekspres. General Manajer Tangerang Ekspres, Rudi Susanto mengapresiasi upaya Bea Cukai mendekatkan diri dengan media. Selama ini, kata Rudi, Bea Cukai menjadi salah satu instansi yang asing buat media, dalam hal ini instansi yang ekslusif. Namun, itu semua bukan preseden buruk. Karena memang fungsi dan tugas Bea Cukai yang tidak menyentuh semua lapisan masyarakat.

“Kami memahami itu karena memang fungsi Bea Cukai juga ekslusif, hanya sebagian kecil kelompok masyarakat yang harus dilayani Bea Cukai,” kata Rudi.

Mengenai kerja sama dan sharing pengetahuan mengenai pembuatan majalah, Rudi memastikan Tangerang Ekspres siap berbagi pengalaman dan ilmu dengan Bea Cukai. Ia juga optimistis, para personel Bea Cukai yang akan mengelola majalah sudah memiliki pengetahuan luas. “Saya yakin, kalau orang Bea Cukai akan cepat bisa kalau belajar menulis, karena orang-orangnya pintar-pintar,” kata Rudi. (esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here