Home TANGERANG HUB Bangun TPS Sementara Atasi Sampah

Bangun TPS Sementara Atasi Sampah

0
SHARE
KEBERSIHAN: Pj Kades Rawa Burung Bajuri Menunjukkan TPS-S di Jalan Rawa Burung, Desa Rawa Burung, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, kemarin. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

KOSAMBI – Sampah menjadi permasalahan kesehatan dan lingkungan bila tidak ditanggulangi dengan baik. Penyediaan sarana penampungan sampah dan pengangkutan sampah yang terjadwal, dianggap salah satu solusi dalam penanggulangan sampah.

Pemerintah Desa Rawa Burung, Kecamatan Kosambi, menyediakan sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS-S) dan tong sampah. Hal tersebut sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan desa setempat.

Bajuri, Penjabat kepala desa (Pj kades) Rawa Burung, mengatakan penyediaan TPS-S dan tong sampah berdampak baik terhadap lingkungan. “Dampak baik yang paling dirasakan adalah lingkungan terlihat bersih. Jadi, tidak terlihat kumuh ataupun kotor,” kata Bajuri, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (2/10).

Lebih lanjut, jelas Bajuri, pihaknya membangun sembilan TPS-S di Jalan Rawa Burung. Persisnya, sisi jalan yang berdampingan dengan saluran tersier Sungai Cisadane pada 2014.

Semenjak dibangun TPS-S, Bajuri mengaku jarang menemui tempat pembuangan sampah liar di bahu jalan di sepanjang saluran tersier sungai tersebut.

“Kalaupun masih oknum yang membuang sampah sembarangan di sisi jalan. Itu hanya segelincir. Karena belum menyadari pentingnnya menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Selain TPS-S, lanjut Bajuri, pihaknya pernah menyediakan 32 tong sampah berbahan kaleng ke setiap RT. “Waktu itu, satu RT dapat satu tong sampah bervolume 25 liter. Diharapkan tong sampah yang ditempatkan di depan rumah ini, dapat ditiru oleh masyarakat,” jelasnya.

Bajuri menambahkan, sampah yang dibuang ke tong sampah di pemukiman warga akan diangkut petugas untuk dibuang ke sembilan TPS-S. Selanjutnya, sampah yang tertampung di TPS-S, diangkut oleh petugas menggunakan truk sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jatiwaringin, Kecamatan Mauk.

“Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, yang rutin ngangkutin sampah di TPS-S Desa Rawa Burung ke TPA Jatiwaringin, setiap Selasa. Lalu, kami yang merawat TPS-S yang mengalami kerusakan dengan memplester. Dan, cat lagi,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here