Home BANTEN Empat Hari, Cisait Timur Bakal Rapi, Bersih, dan Berwarna

Empat Hari, Cisait Timur Bakal Rapi, Bersih, dan Berwarna

0
SHARE

PADARINCANG – Pemerintah Desa Ciomas, Kecamatan Padarincang, menargetkan penataan lingkungan RW 06, Kampung Cisait Timur, rampung dalam empat hari. Dimulai Kamis (3/10), perkampungan ini bakal dibuat rapi, bersih, dan berwarna pada Minggu (6/10).

Kemarin pagi, Radar Banten mendapati puluhan warga Cisait Timur berkumpul. Dari pemuda, bapak-bapak, hingga nenek-nenek ikut gotong royong membersihkan lingkungan mereka. Sampah di selokan dan saluran irigasi diangkut. Rumput dan ilalang di pinggir jalan perkampungan ini juga tak luput dari sasaran tangan-tangan warga Cisait Timur.

“Kita menargetkan Kampung Cisait Timur, dalam minggu ini, sudah tertata dan bakal dibuat lis jalan,” kata Kepala Desa Ciomas H Yani Mulyani kepada Radar Banten.

Tahap pertama, warga membersihkan lingkungan kampung. Selanjutnya, pemagaran di pinggir jalan di lingkungan RT 29 dan RT 30 di RW 06, Kampung Cisait Timur. Lalu, dilanjutkan dengan pengecatan lis di pinggir jalan berkonstruksi beton. “Hari Minggu (6/10) mah insya Allah sudah beres. Kampung bakal rapi, bersih, dan berwarna,” harap Yani.

Yani menjelaskan, pembuatan pagar di jalan di Cisait Timur dilakukan sepanjang 150 meter. Pengecatan dengan membuat lis dan gambar di jalan tersebut menyesuaikan jumlah cat yang disediakan Pemerintah Desa Ciomas. “Kalau bambu (untuk pagar jalan lingkungan-red) kan di sini banyak pohonnya. Tinggal tebang. Kalau cat, targetnya sih seluruh jalan di lingkungan RW 06,” katanya.

RW 06, Kampung Cisait Timur, dihuni oleh 700 jiwa penduduk dari 140 kepala keluarga (KK). Di kampung ini, kata Yani, telah dilengkapi sistem keamanan lingkungan (siskamling) dan tempat pembuangan sampah (TPS). Namun, kelompok pemuda sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan belum terbentuk.

“Nanti, (kelompok pemuda sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan-red) kita bentuk bersama pemuda dibantu bhabinkamtibmas,” tegas Yani.

Ketua RT 29 Juheli mengatakan, warga menyambut antusias Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019. Lis jalan akan dibuat dengan cat hitam dan putih, sedangkan gambar dengan cat warna-warni. “Untuk gambar, nanti diserahkan ke pemuda,” jelasnya.

Ketua Pemuda Kampung Cisait Timur Armin menambahkan, peran serta pemuda turut menyukseskan persiapan kampungnya menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman. Pemuda di kampung tak hanya dilibatkan dalam persiapan lomba. Pemuda aktif bergotong royong dan ronda malam. “Setiap malam, kita jaga keamanan. Jadi, di sini (Cisait Timur-red) selalu aman dan kondusif,” pungkas Armin. (mg06/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here