Home BANTEN Pangguyangan Fokus pada Pengelolaan Sanitasi

Pangguyangan Fokus pada Pengelolaan Sanitasi

0
SHARE

TUNJUNGTEJA – Pemerintah Desa Kemuning, Kecamatan Tunjungteja, terus berupaya membenahi lingkungan RW 02, Kampung Pangguyangan. Sesuai arahan pemerintah desa, warga kampung itu fokus pada pengelolaan sanitasi. Warga bergotong royong untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Senin siang (7/10), Radar Banten mendapati lingkungan Pangguyangan yang cukup hijau dan asri. Meski akses jalannya masih rusak, di pinggir jalan lingkungan perkampungan tersebut terdapat tanaman hijau dan beberapa tanaman bunga. Saluran pembuangan air di pinggir jalan, sedang dibersihkan oleh seorang warga. Saluran pembuangan air itu tersumbat sampah.

Kepala Desa Kemuning Opan Sofanudin mengaku, pihaknya sudah mulai mempersiapkan kontestasi Pangguyangan pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 sejak Agustus lalu. “Sekarang, kita lagi fokus membersihkan sanitasi dulu,” kata kades yang biasa disapa Opan itu kepada Radar Banten di ruang kerjanya.

Menurut Opan, setiap hari Minggu, warga Pangguyangan bergotong royong membersihkan lingkungan. Termasuk soal sanitasi yang menjadi salah satu kriteria penilaian lomba. “Kita bersihkan bertahap. Sanitasi menjadi salah satu hal yang penting,” ungkapnya.

Alasan Pemerintah Desa Kemuning memilih Pangguyangan, kata Opan, karena perkampungan itu menjuarai Lomba Kebersihan tingkat Desa Kemuning pada perayaan HUT RI 2019.

Pengelolaan sanitasi yang sehat, ditegaskannya, menjadi hal panting di Pangguyangan. Bukan hanya keikutsertaan kampung pada perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten saja. Akan tetapi, karena musim kemarau bakal berakhir dan berganti menjadi musim hujan. “Insya Allah, minggu depan, sanitasi sudah bebas dari sampah,” harapnya.

Opan mengutarakan, pihaknya juga berencana melakukan pemagaran di sepanjang jalan lingkungan di Pangguyangan. Pagar tersebut akan dicat beberapa warna agar suasana lingkungan menjadi semarak.

“Nanti, pagar bambu swadaya warga. Cat dan paku, kami (Pemerintah Desa Kemuning-red) sediakan,” tegas Opan.

Ketua RW 02, Kampung Pangguyangan, Samhudi membenarkan warganya rutin bergotong royong setiap bulan. Pengalaman menjadi juara Lomba Kebersihan tingkat desa, menjadi modal pada perlombaan kebersihan dan keamanan tingkat Kabupaten Serang. “Insya Allah, optimistis juara,” tandasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here