Home HUKUM Akun Airin Palsu Minta Uang untuk Covid

Akun Airin Palsu Minta Uang untuk Covid

78
0
SHARE

CIPUTAT-Baru-baru ini muncul akun Facebook yang mengatasnamakan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Akun tersebut diketahui digunakan sebagai alat untuk melakukan penipuan via daring.

Kasus penipuan itu terungkap pertama kali pada pemilik akun instagram @mr_fahmi yang diunggahan melalui insta storynya, Jumat 17 April 2020 lalu.

Fahmy menge-tag Seputartangsel di unggahannya memperlihatkan tangkapan layar percakapan di akun Facebook palsu yang mengatasnamakan Airin tersebut.

Modus yang digunakan oleh pelaku ternyata membawa-bawa masalah kepedulian terhadap Covid-29. Akun yang mengatasnamakan Airin itu dengan lihai berpura-pura menyapa warganya dan menanyakan situasi Covid-19.

Warga yang mendapat pesan itu merasa gembira karena telah disapa oleh Airin.

“Modus baru chatting lewat messenger nanya-naya tentang Covid-19, ujung-ujungnya minta nomer WA dan kode OTP. WA dihack dan pura-pura minjem duit ke semua kontak WA,” tulis Fahmy.

Airin yang mendengar namanya disebut-sebut memberikan keterangan untuk mengonfirmasi masalah tersebut. Ia mengakui bahwa dirinya sudah tidak aktif lagi di media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram.

Ia hanya pernah menggunakan akun twitter dengan nama akun @airin rachmi, namun terakhir digunakan yakni pada 13 Januari 2017.

Sementara itu di Facebook banyak sekali akun yang mengatasnamakan drinya. “Saya nggak aktif di medsos ya. Temen-temen tau persis,” tegas Airin saat mengunjungi Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangsel, Selasa 21 April 2020.

Ia mengatakan bahwa dirinya sudah meminta Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian. (pr/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here