Home TANGERANG HUB Donor Darah Mobile Disambut Antusias Warga

Donor Darah Mobile Disambut Antusias Warga

0
SHARE
DONOR: Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjalani pemeriksaan tensi darah sebelum melakukan donor darah di Masjid Al Aqsha Permata Bintaro, Pondok Aren, Minggu (14/6). FOTO: Humas PMI for Tangerang Ekspres

PONDOK AREN-Puluhan warga mengikuti donor darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni. Donor darah yang dilakukan mobile dengan memilih lokasi di Masjid Al Aqsha Permata Bintaro, Pondok Aren, dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel.

Kepala UDD PMI Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, kegiatan donor darah diharapkan agar masyarakat yang baru maupun yang sudah rutin donor bisa mendonorkan darahnya untuk mencukupi kebutuhan darah di Kota.

“Donor darah ini menyehatkan dan diharapkan masyarakat mendonorkan darahnya secara rutin,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (14/6).

Suhara menambahkan, dalam donor darah tersebut ada 39 warga yang mendonorkan darahkan. Ia mengucapkan terimakasih kepada warga yang bersedia dan sukarela mendonorkan darahkan.

Menurutnya, stok darah di PMI Kota Tangsel mulai menipis karena di masa pandemi Covid-19 pendonor mengalami penurunan sampai 50 persen.

Penyebabnya, beberapa tempat yang biasanya di gunakan untuk donor darah yakni kampus, kantor, pusat perbelanjaan dan hotel belum seratus persen beroperasi dan sebagian masih melakukan bekerja dari rumah.

“Sehingga stok darah menipis dengan adanya acara seperti ini bisa mendapatkan stok darah dua sampai tiga hari kedepan,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan darah, PMI Kota Tangsel melakukan dengan donor keluarga. Sehingga sewaktu ada pasien membutuhkan darah keluarganya yang akan mencukupi untuk dengan mendonorkan darahnya.

“Kita juga kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah dan swasta untuk mendapatkan pendonor,” tuturnya.

Suhara mengajak warga Kota Tangsel dan sekitarnya agar mau mendonorkan darahnya bisa Iangsung datang ke PMI Tangsel dari pelayannya bagus dan dijamin aman dan tidak usah khawatir.

“PMI Kota Tangsel juga terus melakukan edukasi donor darah di masa pandemi Covid-19 yang tetap bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yakni dengan mewajibkan pendonor menggunakan masker, tes thermogun dan memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruangan,” tuturnya.

“Selain di Masjid Al Aqsha Permata Bintaro, Pondok Aren, donor darah juga dilakukan di Pasar Modern BSD, Serpong dihari yang sama. Di Pondok Aren kita 39 kantong dan di Pasar Modern BSD dapat 15 kantong darah” (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here