Beranda PERISTIWA Tim Monev Pasar Kemis Rampung Keliling Desa

Tim Monev Pasar Kemis Rampung Keliling Desa

0
BERBAGI
FOTO BERSAMA: Tim monev berfoto bersama lokasi bedah rumah, di Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Rabu (28/12). FOTO: Dokumentasi Kecamatan Pasar Kemis

TANGERANG – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Pasar Kemis melaksanakan kegiatan monev kinerja dan administrasi desa. Hal ini terkait program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa di wilayah kerja kecamatan setempat, Rabu (29/12).

Kasi Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Bayu Adhiyaksa mengatakan, tuntas melaksanakan monitoring dan evaluasi di lima desa di Kecamatan Pasar Kemis, yakni, Desa Sukamantri, Desa Pangadegan, Desa Pasar Kemis, Desa Suka Asih dan Desa Gelam Jaya.

Dikatakan Bayu, kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, agar sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan pelaksanaan monitoring dan evaluasi kepada masing-masing desa, terkait pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan Dana Desa (DDS) dan Dana Bantuan Keuangan (Bankeu), agar sesuai dengan dokumen perencanaan mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Kemudian, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dan pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan, sesuai dengan ketentuan tentang pengelolaan keuangan desa.

Dituturkannya, rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi desa dilaksanakan mulai 22 Desember sampai 28 Desember 2022. Total, terdapat lima desa yang dilakukan monev, yaitu Desa Sukamantri, Desa Pangadegan, Desa Pasar Kemis, Desa Suka Asih dan Desa Gelam Jaya.

Rabu ini, lanjutnya, Tim Monev Kecamatan Pasar Kemis mengecek pembangunan fisik di Desa Gelam Jaya. Monev tersebut, dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan. Dan, aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DDS).

Madsoni, pendamping lokal desa, berpesan kepada lima kepala desa yang ada diwilayah Kecamatan Pasar Kemis, agar mengelola Dana Desa dengan baik, tepat sasaran dan dapat melayani serta memberdayakan masyarakat, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi warga. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here