Beranda BANTEN Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Buat Program SDC

Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Buat Program SDC

0
BERBAGI
KANTOR DINAS : Kantor Disnakertrans Kabupaten Serang yang berada di Ciceri Kota Serang.

TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, tengah mempersiapkan program Skill Development Center (SDC). Program ini, bertujuan melakukan pelatihan kompetensi kepada masyarakat, yang nantinya dapat mampu menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Serang.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Serang, Sofian Hadi mengatakan, SDC ini bakal disandingkan dengan program pelatihan yang dimiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan Disnakertrans Kabupaten Serang sebagai sentralnya. Sehingga, pihaknya bisa mengetahui berapa banyak jumlah masyarakat yang ikut serta dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh OPD.

“Terkadang, pelatihan di OPD itu tumpang tindih disini ada disana ada, melalui SDC ini kita akan filter itu, karena kita yang tau jumlah pengangguran di Kabupaten Serang. Kita punya target, di 2023 atau 2024 nanti jumlah pengangguran di Kabupaten Serang akan kita turunkan,” katanya, Rabu (8/2).

Sofian mengatakan, program ini tidak hanya melibatkan OPD Pemkab Serang saja, melainkan kementerian serta instansi diluar pemerintahan akan ikut terlibat. Pasalnya, Pemkab Serang disupport oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), untuk melaksanakan program SDC tersebut.

“Dari delapan kabupaten kota di Provinsi Banten, yang dipilih untuk melakukan program SDC cumam Kabupaten Serang. Karena, kami berperan aktif berkomunikasi dengan kementerian, dan nantinya akan ada paket pelatihan dari kementrian yang bisa kita datangkan untuk Kabupaten Serang,” ujarnya.

Dikatakan Sofian, jika hanya mengandalkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang, untuk mengadakan pelatihan supaya angka pengangguran turun itu akan susah. Sehingga, pihaknya mulai menjalin hubungan kerjasama dengan OPD Pemkab Serang dan instansi diluar pemerintahan, agar bisa menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Serang.

“Kalau kita tidak kerjasama dengan opd lain, bahkan diluar Pemkab Serang, masalah ini tidak bakalan bisa tuntas. Maka perlu adanya kerjasama kedepannya, kita itu Ibaratnya menjadi lining sektornya. Ini baru rencana kita, nanti kita sampaikan ke Bupati Serang,” ucapnya. (*)

Reporter : Agung Gumelar

Editor : Andy

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here