Beranda TANGERANG HUB Warga RT 003 RW 01 Kelurahan Rawa Mekar Jaya Antusia Jaga Kebersihan...

Warga RT 003 RW 01 Kelurahan Rawa Mekar Jaya Antusia Jaga Kebersihan Lingkungan

0
BERBAGI
Sejumlah warga RT 003, RW O1 Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Serpong melakukan kerja bakti membersihkan jalan lingkungan, Minggu, 19 November 2023. Tri Budi/TangerangEkspres.co.id

SERPONG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel bersama Radar Banten Group sejak benerapa bulan lalu melakukan program Tangsel Green and Clean 2023.

Program tersebut menitikberatkan pada partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan umtuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dikemas melalui perlombaan antar RT/RW.

Sebelum dilakulan penilaian pada akhir November mendatang, RT yang telah di tunjuk kelurahan mengikuti program Green and Clean berusaha menyulap lingkungannya agar indah dan bersih.

Seperti yang dilakukan warga di RT 003, RW O1 Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Serpong. Warga antusias menyambut program tersebut dengan melakukan kerja bakti dilingkungannya, Minggu, 19 November 2023.

Ketua RT 003, RW 01 Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Urja mengatakan, pihaknya melakukan kerja bakti di Jalan Buntu. “Kerja bakti rutin kita lakulan sebulan sekali. Apalagi kalau sudah keliatan kumuh dan kotor,” ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.CO.ID, Minggi, 19 November 2023.

Urja menambahkan, kerja bakti yang dilakukan adalah membersihkan saluran air, got dan jalan lingkungan. Terlebih lagi bila akan ada acara atau lomba maka kerja bakti akan lebih sering dilaksanakan.

“Kerja bakti kita lakukan dari jam 6 sampai 9 pagi dan melibatkan warga baik, bapak-bapak, ibu-ibu dan anak muda,” tambahnya.

Menurutnya, saat kerja bakti tak jarang lurah, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga membaur untuk membersihkan lingkungan.

“Kerja bakti dilakukan sebagai kebersamaan dan untuk bekersihan bersama. Yang kerja bakti semua warga kalau mereka tidak ada acara diwaktu yang sama,” jelasnya.

Urja mengaku, setiap ada kesempatan masyarakat antusias dalam melakukan kerja bakti. Dimana kerja bakti memiliki banyak manfaatnya. Selain pemukiman menjadi bersih, terdapat nilai kebersamaan yang cukup tinggi antar warga.

“Masyarakat tidak betah kalau melihat kampung ini kotor. Jadi, secara sukarela mereka terpanggil dalam membersihkan lingkungannya,” terangnya. (*)

Reporter : Tri Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here