Home TANGERANG HUB 18 Ribu Pencari Kerja Bersaing

18 Ribu Pencari Kerja Bersaing

0
SHARE

TANGERANG– Hari kedua Job Fair di Mal Metropolis masih diburu para pencari kerja (Pencaker). Tercatat sudah ada 18 ribu Pencaker yang akan bersaing mencari peruntungan di bursa lowongan kerja tersebut. Sementara lowongan kerja yang disediakan 45 perusahaan peserta Job Fair hanya 9.161 lowongan pekerjaan. Ini artinya para Pencaker sudah melebihi batas kouta dua kali lipat dari lowongan kerja yang tersedia.

Anton, salah seorang Pencaker mengaku pesimis lamarannya bisa diterima. Mengingat jumlahnya yang begitu banyak melebihi kuota lowongan yang disediakan perusahaan. “ Untung-untungan saja mas, diterima syukur. Nggak juga belum nasib kali, soalnya banyak banget saingannya,” kata Anton. Ia sedang mencari lowongan yang sesuai untuk bidangnya yakni manajemen. “Saya lulusan S1 manajemen, sudah setahun nganggur karena susah cari kerjaan,”tukasnya.

Ia tidak terlalu mempedulikan perusahaannya apa. terpenting bisa diterima kerja meski harus bersaing dengan ribuan pencaker lainnya. “Ini kan syaratnya untuk semua bidang studi, jadi coba taruh saja,”tukasnya yang mengaku sudah menaruh lamaran pekerjaan di tiga perusahaan yang berbeda.

Job fair yang digelar selama tiga hari tersebut diikuti 45 perusahaan yang berada di Tangerang Raya seperti PT Panarub Industry, PT Pan Brothers, PT Propan, PT Midi Utama Indonesia Tbk, Padang Golf Modern dan sejumlah perusahaan lainnya.

Lowongan kerja yang disediakan, hampir 80 persen perusahaan membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK dan D3. Hanya saja, perusahaan lebih mencari calon tenaga kerja yang sudah berpengalaman di masing-masing bidang.

PT Panarub Industry misalnya, sampai tahun 2019 masih memerlukan sekitar 8 ribu tenaga kerja untuk ditempatkan di Brebes dan membutuhkan 200 tenaga kerja berpengalaman untuk beberapa posisi.“Untuk di Brebes, kita tawarkan kepada yang baru lulus SMA,”kata Ika, staf rekrutmen perusahaan tersebut.

Sementara PT Indofood tak mempersoalkan pelamar yang banyak. Lantaran akan dijadikan bank data untuk kedepannya jika memerlukan tenaga kerja. Hingga hari kedua, sudah menerima 100 lamaran. “Untuk di daerah Cikupa kita butuh sekitar 30 orang lulusan SMA/SMK untuk operator. Sementara di Cikokol kita butuh admin perempuan lulusan D3 sekitar 20 orang,”kata Ketrin, staf bagian personalia.

Tercatat pada hari pertama, Pencaker yang datang ke Job Fair sebanyak 10 ribu orang. “Hari kedua sudah ada sekitar 8 ribu pencaker yang hadir dan menaruh CV,” kata Dida Rusdiana, Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (19/7). Meski lebih sedikit dibanding hari pertama, namun Dida mengatakan tahun 2017 jumlah pencaker yang mengikuti Job Fair meningkat pesat dan sangat fantastis.“Tahun lalu Job Fair tiga hari jumlahnya hanya 8 ribu. Tahun ini baru dua hari ini sudah 18 ribu dan mungkin nambah,”tukasnya. (mg-01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here