Home TANGERANG HUB Zaki Peroleh Predikat Cumlaude

Zaki Peroleh Predikat Cumlaude

0
SHARE

JAKARTA- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mempertahankan tesis berjudul sebagai bentuk tanggungjawab karya ilmiah akhir mahasiswa pasca sarjana (S2). Hasil ujian S2 ini, Zaki memperoleh predikat camlaude dan berhak menyandang gelar MSi.

Dalam ujian program pasca sarjana ini, Zaki diuji oleh tiga dosen penguji Institut Pemerintahan Dalam Negeri Program Pascasarjana di Kampus B, Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin.

Zaki diberikan kesempatan 15 menit untuk mempresentasikan tesis nya yang berjudul ‘Inovasi Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten’ di depanpembimbing dan para penguji. Dosen pembimbing Zaki Dr Sampara Lukman MA dan Dr Lalu Wildan M.Si.

Tiga dosen penguji yakni Dr. Ir. Ika Sartika, MT, Dr. Bambang Supriyadi PE.Msi, Drs.H.Untung Subagio, MPA mencecar dengan pertanyaan-pertanyaan.

Zaki pun menjawab, tesis ini mendedikasikan tentang inovasi yang sudah berjalan dan inovasi yang timbul dari pelayanan. Dalam program inovasi kesehatan di Kabupaten Tangerang, Zaki mengambil contoh layanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang.

Dalam program inovasi kesehatan, Zaki memaparkan program Si Jempol. Program ini merupakan akronim dari Sistem Informasi Jaringan Elektronik Medik Pasien Online (Si Jempol). Sistem ini diberlakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja Kabupaten Tangerang.

Ada enam fitur layanan daring (dalam jaringan) yang ditawarkan kepada masyarakat. Fitur-fitur yang dapat diakses melalu telepon selular ataupun ponsel pintar berbasis android ini adalah SiRESPON yaitu Reservasi Online, AUTOPARMA yaitu Anjungan Pendaftaran Pasien Mandiri, E-RESEP penulisan dan pemrosesan resep elektronik dan terintegrasi, SiHAKMAS sistem informasi hasil pemeriksaan penunjang seperti laboratorium melalui SMS, INFOTON yang menyangkut informasi Tempat Tidur untuk rawat inap berbasis daring dan real time, dan E-Brojol yang merupakan program bayi lahir pulang bawa akte kelahiran gratis.

Menurut Zaki program Si Jempol dapat meningkatkan kepercayaan terhadap rumah sakit, efisiensi biaya, data kependudukan dapat diketahui. Ini merupakan bukti komitmen pemerintah daerah dalam memberikan peningkatan layanan bagi masyarakat.

“Ini bukti hadir pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Kita terus semangat dalam melayani masyarakat,”kata Zaki.

Presentasi Zaki pun mendapat aplaus hadirin diantaranya tim perumus seperti Direktur RSUD Balaraja dr. Reniati, Direktur RSUD Kabupaten Tangerang dr. Nani Isnaeni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Desriyani.(din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here