Home NASIONAL Infrastruktur Distribusi Prioritas

Infrastruktur Distribusi Prioritas

0
SHARE

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu meminta kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar subsidi solar dicabut. Menurutnya, ketersediaan solar bagi nelayan lebih prioritas dibanding memberi subsidi.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan, infrastruktur untuk mendistribusikan pasokan solar adalah prioritas dibanding memikirkan untuk mencabut subsidi solar. Sebab, selama ini memang nelayan cukup kesulitan mendapat solar.

“Kalau saya lebih cocok infrastruktur. Soal bagaimana misalnya pemerintah sekalipun SPBU tidak memungkinkan dijangkau, buat akses tempat yang memungkinkan para nelayan bisa mengakses solar yang digunakan itu dengan mudah,” ujar Enny di Jakarta, Rabu (3/8).

Enny membeberkan, selama ini para nelayan harus mendapatkan solar dari tangan ke dua maupun tangan ke tiga. Rantai distribusi tersebut membuat mereka tidak menerima harga solar yang sesuai dengan subsidi pemerintah.

“Mereka kan selama ini harus melalui tangana ke dua dan tangan ke tiga, tidak bisa langsung akses yang resmi disediakan pemerintah,” kata dia.

“Solar ini kan nasional, itu kan masih dipertahankan, persoalanya nelayan kita tidak pernah bisa mengakses harga ditetapkan pemerintah karena ada tangan ke dua dan ke tiga. Jadi bisa mengakses solar sesuai harga yang ditetapkan pemerintah,” tandasnya. (cr4/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here