Home NASIONAL Baznas Anjurkan Beli Hewan Kurban Lewat Lembaga Zakat

Baznas Anjurkan Beli Hewan Kurban Lewat Lembaga Zakat

0
SHARE

Menyambut datangnya Idul Adha, permintaan hewan kurban bakal melonjak. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menganjurkan masyarakat membeli hewan kurban melalui lembaga amil. Hal itu supaya memiliki dampak positif kepada komunitas peternak hewan kurban.

Seruan itu disampaikan anggota Baznas Nana Mintarti di sela peluncuran program Kurban Berdayakan Desa di Jakarta (3/8). Nana menjelaskan dengan membeli hewan kurban melalui lembaga amil zakat, ada sejumlah dampak positif. “Diantaranya petani bisa mendapatkan untung yang lebih besar. Ketimbang mereka menjual ke tengkulak,” katanya.

Nana mengatakan di era pengelolaan zakat modern saat ini, lembaga zakat memiliki komunitas peternak hewan kurban. Khususnya kambing atau domba. Dia menjelaskan peternak itu harus mendapatkan keuntungan yang memadai, supaya bisa hidup layak selama setahun ke depan.

Manfaat lainnya adalah peternak kambing dan warga desa bisa menikmati makan daging kurban. Perempuan kelahiran Surabaya itu menjelaskan, selama ini banyak desa lumbung hewan ternak tetapi tidak pernah makan daging. Sebab hewan ternaknya diborong tengkulak lalu dijual ke kota.

Nana menjelaskan selama masa Idul Adha perputaran uang dari hewan ternak diperkirakan mencapai triliunan rupiah. Namun perputaran uang itu hanya terjadi di perkotaan saja. Sementara peternak hewan kurban di desa-desa hanya kecipratan sedikit. Sehingga banyak peternak hewan kurban yang hidupnya masih dalam kemiskinan.

Baznas berharap pemberdayaan peternak hewan kurban berlanjut terus. Sehingga peternak hewan kurban bisa hidup lebih makmur. “Mereka tidak sebatas menggembala, memcari rumput, dan mendapatkan sedikit keuntungan,” jelasnya.

Di Baznas sendiri, saat ini sudah terbentuk kantong-kantong komunitas peternak hewan kurban. Tahun lalu komunitas binaan Baznas ini bisa menyiapkan 450 ekor kambing atau domba. Diharapkan tahun ini biaa memyiapkan seribu lebih hewan kurban. Meskipun begitu Baznas mempersilahkan masyarakat jika lebih suka membeli hewan kurban dan dipotong sendiri. (wan/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here