Home TANGERANG HUB Cetak Generasi Muda Peduli Perkoperasian

Cetak Generasi Muda Peduli Perkoperasian

0
SHARE

SETU-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangsel melakukan audisi duta koperasi. Sejumlah pemuda dan mahasiwa digodok untuk menjadi duta koperasi. Peserta yang lolos audisi, akan menjadi wakil Tangsel dalam seleksi duta koperasi tingkat Provinsi Banten.

Kepala Bidang Kelembagaan Pengembangan dan Penilaian Koperasi pada Dinkop UKM Kota Tangsel Nurhayati menuturkan, audisi duta koperasi dimaksudkan untuk mencetak para generasi muda termotivasi untuk bersama-sama mengembangkan koperasi agar lebih maju lagi.

Menurutnya, dengan kiprah para pemuda yang melek akan lembaga ekonomi koperasi, maka secara langsung turut menjalankan sistem ekonomi kerakyatan bagi kesejahteraan bersama. Nurhayati menambahkan, berbagai hal tentang perkembangan koperasi serta hambatannya harus menjadi bahan kajian dan diskusi bersama seluruh generasi penerus.

“Dengan koperasi, kesejahteraan bersama akan kita dapatkan. Pemenang audisi duta koperasi ini akan kita kirim ke Provinsi Banten mewakili Kota Tangsel. Melalui ini sekaligus juga kita merayakan hari koperasi daerah yang ke-70,” tuturnya kepada Tangerang Ekspres di Istana Kokoru, Panorama Serpong, Kecamatan Setu, Jumat (4/8).

Nurhayati menambahkan, para peserta merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Kota Tangsel. Pesertanya juga merupakan para mahasiswa yang aktif di koperasi mahasiswa. Sehingga, duta koperasi yang nantinya lolos membawa nama Kota Tangsel memiliki potensi yang sangat mumpuni.

“Hasil penilaian audisi sepenuhnya dilakukan oleh juri yang kompeten di bidang koperasi. Sehingga para peserta yang lolos audisi bisa menjadi duta koperasi yang mampu berjuang mengembangkan koperasi di Tangsel. Seperti keinginan ibu walikota menjadikan Tangsel sebagai Kota Koperasi. Para peserta juga mereka aktif berkoperasi,” tambahnya.

Nurhayati berharap, koperasi di Kota Tangsel tidak hanya diminati kalangan usia lanjut. Dengan adanya pemuda yang sejak dini mengenal koperasi, Nurhayati optimistis koperasi di Tangsel semakin maju dan menyejahterakan.  “Generasi muda Kota Tangsel sebagai generasi penerus ekonomi masyarakat harus melek koperasi. Selain audisi duta koperasi, kami juga akan menggelar lomba cerdas cermat dalam rangka hari koperasi daerah yang akan kita gelar di Kampus ITI, Senin (7/8) besok,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia audisi duta koperasi Hendra Wibowo mengungkapkan, terdapat belasan mahasiswa yang mengikuti audisi tersebut. Menurutnya, pemahaman peserta terkait berbagai hal mengenai koperasi akan dinilai oleh para juri.

“Yang terbaik, akan menjadi duta koperasi Tangsel, seorang laki-laki dan perempuan dan mampu terus mengembangkan koperasi di kalangan pemuda, dan mampu terus membanggakan Tangsel lewat gerakan koperasi,” tutupnya. (mg-22/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here