Home TANGERANG HUB Perkuat Koalisi, Zaki ke PKB

Perkuat Koalisi, Zaki ke PKB

0
SHARE

TIGARAKSA—Bupati Tangerang Zaki Iskandar menjadi calon kepala daerah pertama mendaftar di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pengambilan formulir pendaftaran Zaki diwakili Jaini, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang, Rabu (9/8) di Kantor DPC PKB Kabupaten Tangerang.

Kedatangan Jaini disambut Ketua DPC PKB Juned Sanim. “Pengambilan formulir ini sebagai tanda bahwa kami Partai Golkar dan Pak Zaki ingin menjalin hubungan kerjasama sekali lagi dengan PKB,” ujarnya. Kemesraan Partai Golkar dan PKB sudah terjalin cukup lama setiap perhelatan pilkada ketika kedua partai sama-sama mengusung Ismet Iskandar menjadi Bupati Tangerang untuk yang kedua kalinya.

“Kita sudah terbiasa koalisi sejak lama. Bahkan sejak Pak Ismet,” katanya. Menurut Jaini, Setelah pengambilan formulir, nantinya Zaki sendiri yang akan menyerahkan kembali kelengkapan formulir. Jaini menyatakan, pekan depan, Zaki akan melakukan roadshow atau silahturahmi politik dengan mengunjungi semua ketua parpol di Kabupaten Tangerang.

Bahkan Zaki juga akan melakukan silahturahmi ke PDIP yang secara terang terangan akan berhadapan di pilkada nanti. “Ya, agendanya minggu depan,” jelasnya. Di tempat yang sama Ketua Fraksi DPC PKB Kabupaten Tangerang Juned Sanim mengatakan, Zaki merupakan orang pertama yang mengambil formulir pendaftaran di PKB. Partainya memang belum lama membuka penjaringan.

“Pak Zaki orang pertama yang ambil formulir  pendaftaran, kami apresiasi, ada beberapa calon yang juga hendak mendaftar, tapi baru sebatas pernyataan,” ujarnya. Menurut Sanim, DPC PKB akan menyodorkan Zaki agar mendapat  rekomendasi dari DPP PKB. “Kalau dulu aturannya kami diberi otoritas penuh, kalau sekarang tidak,” tandasnya.

Selain PKB, Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tangerang juga bersiap membuka penjaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Tangerang. Ketua DPD PAN Kabupaten Tangerang Agus Kurnia mengatakan, penjaringan tersebut akan digelar pekan depan. Dia berharap, saat penjaringan dibuka Zaki mau mengambil formulir pendaftaran sebagai calon bupati dari PAN.

Menurut Agus, langkah pihaknya dalam membuka penjaringan bupati sebetulnya sudah menjadi mekanisme partai dalam menghadapi Pilkada. “Dukungan PAN memang untuk Pak Zaki,” ujar Agus ketika ditemui Tangerang Ekspres di Kantor Sekretariat DPD PAN Kabupaten Tangerang kemarin.

Menurut Agus, PAN akan bersikap realistis dalam menyikapi proses pilkada, di mana dalam perolehan kursi di DPRD Kabupaten Tangerang, PAN hanya memiliki empat kursi. Untuk itu strategi berkoalisi dengan partai petahana menjadi pilihan yang tepat. DPD PAN sudah jauh-jauh hari menyiapkan kader yang dianggap tepat untuk mendampingi Zaki. Keempat kader tersebut diantaranya Ali Taher Ketua DPP yang juga Ketua Komisi 8 DPRD RI, Maryani Sekjen DPW PAN, Sri Panggung serta Tasripin yang keduanya adalah anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

“PAN menyadari, kami hanya memiliki empat kursi, tentu sangat sulit untuk mengusung calon bupati, namun untuk (menawarkan-red) calon wakil bupati masih sangat mungkin,” jelasnya.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Memed Chumaedi mengatakan, tingginya elektabilitas Zaki membuat tidak munculnya rival kuat Zaki di Pilbup Tangerang. Salah satu faktor penyebab tingginya elektabilitas Zaki adalah besarnya harapan masyarakat yang menginginkan Zaki kembali menjadi kepala daerah. Sebab program-programnya selama ini banyak dirasa masyarakat.

“Kemudian harapan masyarakat ini juga berbanding lurus dengan penilaian partai pendukung. Makanya hampir semua parpol lebih mendukung Zaki,” ujarnya. (mg-14/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here