Home TANGERANG HUB Jalan Daan Mogot Ditutup 27-28 Agustus

Jalan Daan Mogot Ditutup 27-28 Agustus

0
SHARE

TANGERANG- Ruas Jalan Daan Mogot KM 23 akan ditutup selama satu hari pada 27-28 Agustus mendatang. Penutupan itu dilakukan karena ada pembangunan jembatan perlintasan kereta api dari Stasiun Batuceper ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Pelaksanaan pengerjaan pada 27 Agustus jam 00.00 WIB diperkirakan selesai pada Senin jam 03.30 WIB,” kata Kadishub Tangerang Saeful Rohman di kantornya, Rabu (23/8).

Saeful mengatakan Dishub Tangerang telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif selama penutupan jalan tersebut. Jalur alternatif itu bisa dilalui kendaraan dari arah Tangerang menuju Jakarta ataupun sebaliknya.

“Bagi sepeda motor, bus atau truk ringan dari arah Jakarta menuju Tangerang, bisa mengambil rute Jalan Maulana Hasanudin – Jalan Benteng Betawi – Jalan Jenderal Sudirman,” kata Saepul.

Sedangkan untuk truk kontainer besar, akan dialihkan melewati Jalan Daan Mogot – Jalan Bouraq – Simpang Tanah Tinggi – Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian jalur alternatif kendaraan dari Tangerang atau Serang menuju DKI dialihkan dari Jalan Sudirman – Simpang Tanah Tinggi – Jalan Bouraq – Jalan Daan Mogot.

“Bagi truk kontainer bisa mengambil rute simpang Tanah Tinggi, Jalan Jenderal Sudirman – Jalan MH Thamrin – Tol Jakarta Merak,” papar Saepul.

Alternatif lalu lintas dari Tangerang atau Serpong menuju Jakarta dapat melewati Jalan Jenderal Sudirman – simpang Tanah Tinggi – Jalan Bouraq – Jalan Daan Mogot.

Khusus truk kontainer, diarahkan melewati Jalan Jenderal Sudirman – simpang Tanah Tinggi – Jalan Pembangunan III – Jalan Juanda – selanjutnya melewati Jalan Pembangunan I menuju Jakarta.

“Diimbau kepada pengemudi truk kontainer, supaya menghindari ruas Jalan Daan Mogot. Mengingat jalan alternatif yang ada mempunyai kapasitas terbatas,” imbau Saepul.

Dengan adanya penutupan ini, potensi kemacetan pun bakal terjadi di Simpang Tanah Tinggi, Jalan Hasanuddin dan Jalan Bouroq.

Kepala Proyek Jalur KA Bandara Mardiono menerangkan, penutupan terpaksa dilakukan karena akan ada pemasangan balok beton yang melintas di Jalan Daan Mogot.

“Balok beton girder memiliki panjang 50 meter. Dipasang pada tiang yang sudah bangun di sisi kanan dan kiri jalan,” kata kepala proyek yang bekerja untuk PT Waskita Karya tersebut. Menurut dia, butuh 7 girder untuk menopang lebar jembatan rel KA Bandara.

“Untuk memasang satu balok girder, dibutuhkan waktu sekitar dua jam. Bila ada 7 balok, maka diperlukan waktu sedikitnya 14 jam ditambah persiapan 3 jam,” kata Mardiono. “Total waktu yang kami butuhkan 20 jam. Ditambah 4 jam untuk membereskan semua peralatan,” sambungnya. (tam/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here