Home TANGERANG HUB Hewan Kurban Tak Dilengkapi Surat Sehat

Hewan Kurban Tak Dilengkapi Surat Sehat

0
SHARE

TANGERANG- Hewan kurban mulai membanjiri pasar jelang Idul Adha. Petugas pun sudah turun memeriksa kesehatan hewan. Hasil pemeriksaan petugas Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, ditemukan banyak hewan kurban yang tak dilengkapi surat keterangan sehat dari daerah asal. Padahal, ini penting sebagai jaminan bahwa hewan-hewan tersebut bebas penyakit.

“Mereka hanya dilengkapi dengan surat jalan saja, tidak ada surat kesehatan yang ditandatangani oleh dokter hewan dari daerah asalnya,” ujar Kepala Seksi Peternakan, Perikanan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Wina Listiani saat melakukan pemeriksaan di lapak hewan kurban Jalan TMP Taruna, Kamis (24/8).

Wina mengatakan, pemeriksaan tidak hanya kesehatan. Tapi juga usia dan fisik hewan kurban itu sendiri. Tapi sejauh ini, kata dia,  sampai saat ini belum ditemukan adanya hewan kurban yang cacat maupun sakit. “Sampai saat ini belum ada yang ditemukan sakit, namun masih banyak pedagang yang menjual hewan kurban yang masih dibawah umur,” ujarnya.

Padahal, lanjut Wina, pedagang semestinya memahami kalau hewan yang layak di jual apabila sudah berusia diatas satu tahun ataupun sudah berganti gigi. Ini sesuai dengan syarat yang sudah ada.

“Sayangnya banyak pedagang yang masih membandel menjual hewan kurban yang masih dibawah umur, makanya selain kita cek, kita minta pedagang untuk memberi tahu pembelinya tentang umur,” ujarnya.

Wina mengaku hanya bisa melakukan sosialisasi dan teguran apabila ditemukan pedagang yang melanggar atau membandel. “Kita hanya bisa memberikan teguran kalau sampai terjadi pelanggaran. Sementara penindakan jatuhnya sudah pidana, yakni perlindungan konsumen,” tambahnya.

Salah seorang penjual hewan kurban, Udin mengelak jika dirinya telah menyalahi aturan lantaran sudah mengantongi surat sesuai prosedur yang ada. “Dari sananya sudah begitu, saya juga sudah minta, tapi pas diminta katanya surat ini udah termasuk,” kilah Udin. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here