Home OLAHRAGA Peserta Dapat Pelatihan Penjurian

Peserta Dapat Pelatihan Penjurian

0
SHARE

SERANG – Olahraga marching band di Indonesia kerap diwarnai protes karena ketidakpuasan peserta akan mekanisme penilaian yang diberikan. Hal inilah yang coba dihapus dalam penilaian pertandingan Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) 2017.

Dimana panitia IDCC 2017 melakukan pelatihan jelang pertandingan kepada peserta. Dimana dari pelatihan ini dikemukakan CEO Bank BJB IDCC Hari Doyo Sugianto diharapkan ada pengertian yang sama diantara peserta tentang penilaian IDCC yang mengacu kepada format penilaian Drum Corps Internasional (DCI).

Kata dia, para perwakilan peserta IDCC harus diberikan pemahan yang sama. Seperti untuk menyamakan persepsi bagaimana cara penilaian penyajian musik, technical visual. “Ya, untuk meminimalisir protes saat pertandingan dan memberikan pengetahuan baru soal format penilaian pertandingan di DCI yang merupakan kiblatnya olahraga marching band,” papar Doyo, Jumat (25/8).

Untuk itu, panitia menggelar Judging Clinic di Hotel Lea Dian, Kota Serang pada 26-27 Agustus dihadiri semua perwakilan peserta. Materi soal penjurian disampaikan langsung oleh juri DCI, John Philips. “Mudah-mudahan, dengan kegiatan seperti ini, kemajuan olahraga marching band Indonesia bisa terus meningkat,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (Pengprov PDBI) Banten itu mempersilahkan wasit dan juri drum band di Indonesia yang ingin ikut acara ini.

“Kami buka seluas-luasnya. Bahkan, bila ada wasit dan juri yang lolos tes penilaian di Judging Clinic ini, berkesempatan magang di ajang DCI 2018 dan menjadi juri di IDCC selanjutnya,” tambah Doyo.

Sementara itu, Pelatih tim Surosowan Cadet, Tubagus Kumaru Nurzaman mengaku takjud dengan persiapan yang dilakukan oleh panitia. “Mereka tidak hanya memikirkan pertandingan saja. Tapi bagimana tim-tim bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Apalagi, ajang seperti Judging Clinic seperti ini hampir belum pernah ada di Indonesia. Sukses buat panitia IDCC,” kata pria yang kerap disapa Entus itu.(apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here