Beranda TANGERANG HUB Bayar Pajak Kendaraan Bisa di ATM

Bayar Pajak Kendaraan Bisa di ATM

0
BERBAGI

SERPONG–Gubernur Banten Wahidin Halim melaunching layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap berbasis elektronik (e-Samsat) di Samsat BSD, Jumat (8/9). Melalui cara ini, bayar pajak kendaraan bermotor kini makin mudah. Cukup melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Program E-Samsat ini merupakan kerja sama Pemrov Banten dengan Dirlantas Polda Mentro Jaya, PT Telkom, Jasa Raharja dan Bank Banten. Dalam sambutannya, Wahidin mengatakan, realiasi e-Samsat merupakan tanggung jawab pemerintah terhadap teknologi modern yang terus berkembang. Mantan Walikota Tangerang 2 periode ini, optimistis mampu bersaing dengan Provinsi DKI Jakarta dalam pemasaukan dari sektor pajak kendaraan.

Dia mencontohkan, Jakarta Selatan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 3,6 triliun dari pajak kendaraan. Di Banten, sudah mampu mengumpulkan Rp 3 triliun lebih. Jumlah ini, masih bisa digenjot. Karena, potensi pajak kendaraan yang ada mencapai Rp 5 triliun. “Saya minta pihak berwenang melakukan operasi penagihan agar target pajak terpenuhi, karena ada 8 -9 juta orang belum ditagih pajaknya,” tambah WH yang datang dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang ini.

Adik kandung Mantan Menlu Hasan Wirajuda ini juga mengimbau, bupati atau walikota di Banten bisa menyosialisasikan program ini. Ia juga meminta Bank Banten untuk mempersiapkan sumber daya manusia serta teknologi untuk mendukung program tersebut. “Bank harus siap, teknologi dan orangnya juga harus dipersiapkan oleh pemda. Karena 30 persen dari hasil pajak yang disetorkan, pemda juga menikmati,” pungkas pria asal Cipondoh ini.

Pada bagian lain, Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menjelaskan, e-Samsat akan berdampak positif bagi Bank Banten. Karena, jika ingin membayar pajak kendaraan melalui e-Samsat, pemilik kendaraan  harus memiliki rekaning Bank Banten terlebih dahulu.

“Sekarang tidak perlu antre, tinggal bayar ke ATM. Bahkan kami akan mengembangkan layanan mobile banking sehingga pembayaran dapat melalui handphone. Itu tinggal menunggi izin saja dari OJK,” ujarnya, seraya mengatakan, sampai saat ini Bank Banten sudah memiliki 95 ATM yang tersebar di seluruh wilayah Banten.

Sementara itu, Kepala UPT Samsat Serpong Tb Muhamad Kurniawan menjelaskan, pihaknya kini melayani delapan kecamatan di wilayah Tangerang. Kecamatan itu merupakan lima kecamatan peralihan dari Samsat Balaraja dan tiga kecamatan yang sudah menjadi pelayanan Samsat BSD. “Rencananya bulan ini kalau tidak akhir tahun ini akan kami coba terealiasi,” ujarnya. (mg-6/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here