Home OLAHRAGA Renang Tambah Medali, Banten Ketujuh

Renang Tambah Medali, Banten Ketujuh

0
SHARE

SEMARANG – Perenang pelajar Banten hanya mampu menambah satu perak dan satu perunggu pada lomba renang terakhir Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jawa Tengah 2017 yang digelar di komplek renang GOR Jatidiri, Kota Semarang, Rabu (20/9) sore. Satu medali perak itu disumbangkan oleh Alexander Damanik gaya kupu-kupu jarak 100 meter putra.

Sementara satu perunggu disumbangkan M. Dwiky Raharjo gaya dada putra jarak 200 meter putra. Sebelumnya tim renang Banten mempersembahkan 3 perak, dan 1 perunggu. Dengan hasil ini tim renang Banten total menyumbangkan 4 perak, dan 2 perunggu untuk kontingen Banten.

Pelatih kepala renang Banten Puji Raharjo mengatakan, perjuangan para atletnya dalam mengikuti lomba renang terakhir telah maksimal. Namun sayang, di laga pamungkas ini, atlet renangnya belum beruntung menyumbangkan medali emas untuk kontingen Banten. “Kami mohon maaf belum bisa menyumbangkan medali emas untuk Banten. Tapi kalau dibandingkan dengan Popnas dua tahun lalu di Jawa Barat, justru mengalami peningkatan secara perolehan medali mendapatkan enam keping. Memang tapi target kita medali emas, tapi secara perolehan justru kita mendapatkan lebih banyak bila dibandingkan Popnas di Jabar yang hanya dua perak saja,” kata Puji, kepada wartawan, ditemui usai pengalungan medali.

Untuk menghadapi event selanjutnya, lanjut Puji, pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi sejak saat ini. Ini dilakukan agar kemampuan atletnya siap tanding menghadapi kejuaraan nasional di masa yang akan datang. “Yang pasti pembinaan secara berkesinambungan salah satunya latihan rutin, dan mengikuti kejuaraan renang single event supaya catatan waktunya terus meningkat,” ungkap dia.

Ia menyebutkan, sebagai regenerasi, pihaknya telah menyiapkan sejumlah perenang remaja potensial yang akan terus digenjot kemampuannya. “Untuk Popnas yang akan datang kita sudah menyiapkan atlet-atlet renang berbakat di antaranya Bramudito Anugerah, Nathanael Noah Handoyo, Wisnu, Rio, Sevira Devinta, dan lainnya.

Tambahan medali dari cabor renang tak mnembuat posisi Banten beranjak dari peringkat ketujuh pada klasemen akhir perolehan medali Popnas XIV/2017 yang ditutup kemarin. Banten membawa pulang 10 medali emas, 15 medali perak dan 8 medali perunggu. Peringkat ini jauh lebih baik dari delapan kali keikutsertaan Banten di Popnas sebelumnya. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here