Home TANGERANG HUB Tol Tangerang-Merak 100 Persen Nontunai

Tol Tangerang-Merak 100 Persen Nontunai

0
SHARE

Pengguna jalan tol Tangerang-Merak sudah tak bisa membayar tunai. Mulai 1 Oktober pukul 00.00, sudah diberlakukan pembayaran nontunai. Pengendara wajib membayar menggunakan uang elektronik. Yakni, e-Toll dan e-money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), Blink (BTN) serta Flazz (BCA).

“Di hari pertama penerapan pembayaran nontunai, memang masih ada yang membayar menggunakan uang tunai, masih kita toleransi. Tapi, untuk selanjutnya sudah tidak bisa,” kata salah seorang petugas sentra pelayanan PT Margamandala Sakti, pengelola jalan tol Tangerang-Merak.

Para pengendara kendaraan yang belum memiliki uang elektronik, di pintu gerbang transaksi PT Margamandala Sakti menjual kartu pembayaran dari berbagai bank. Untuk mensukseskan ini ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak sebagai induk PT Margamandala Sakti, telah memasang perlatan pendukung. Sehingga semua gerbang tol, sudah bisa melayani transaksi nontunai. Baik Gardu Tol Otomatis (GTO) ataupun gardu manual yang ada petugasnya.

“Saat ini kami memiliki 87 Gardu termasuk 21 GTO yang tersebar di 9 gerbang. Semua gardu tersebut sudah bisa menerima transaksi non tunai,” jelas Wiwiek D. Santoso, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti.

Untuk memperlancar pelaksanaan nontunai, beberapa uang elektronik dari Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu Mandiri, BRI, BNI, BTN dan juga bank swasta dari BCA sudah bisa digunakan di Ruas Tol Tangerang-Merak. Sehingga transaksi bisa lebih mudah, baik untuk seluruh nasabah bank tersebut maupun non nasabah yang juga memiliki uang elektronik dari produk-produk bank tersebut.

Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan bertransaksi tol menggunakan uang elektronik. Salah satunya adalah waktu transaksi akan lebih cepat karena tidak ada lagi penghitungan dan pengembalian uang tol sehingga dapat memperkecil antrean serta kemacetan karena transaksi yang harus dilakukan di gerbang-gerbang.

Para bank yang bekerjasama dengan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak pun akan melakukan penjualan uang elektronik di seluruh Gerbang Tol Tangerang-Merak, mulai dari Gerbang Tol Cikupa hingga Gerbang Tol Merak. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesediaan uang elektronik bagi pengguna jalan yang belum memilkinya sehingga meningkatkan jumlah penetrasi pengguna uang elektronik dalam menghadapi 100% non tunai nanti. (rud/mms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here