Home OLAHRAGA Tanpa Amerika di Rusia

Tanpa Amerika di Rusia

0
SHARE

SELAIN tim juara Copa America, Chile Piala Dunia tahun depan juga dipastikan tidak akan diikuti oleh sang juara Piala Emas CONCACAF 2017 Amerika Serikat (AS). Untuk pertama kalinya sejak 1986, timnas AS gagal lolos ke putaran final Piala Dunia.

Secara mengejutkan tim Paman Sam takluk dari Trinidad dan Tobago, sementara Panama dan Honduras berhasil meraih kemenangan atas lawannya masin-masing di laga terakhir kualifikasi zona  Amerika Utara & Tengah (CONCACAF).

AS gagal tampil di Rusia tahun depan setelah mengalami kekalahan tipis 2-1 dari tim juru kunci klasemen kualifikasi Trinidad dan Tobago, sedangkan di saat yang sama Honduras mampu menang 3-2 atas Meksiko sementara Panama juga menang tipis 2-1 atas Kosta Rika, Rabu (11/10) pagi WIB.

Harapan AS untuk tampil di putaran final Piala Dunia untuk kedelapan kalinya secara beruntun pupus, padahal sebelum laga terakhir mereka telah menempati peringkat tiga klasemen, yang merupakan posisi akhir untuk lolos secara otomatis.

Selain kekalahan AS dari Trinidad dan Tobago, faktor gagalnya tim tamu meraih poin penuh  juga karena kemenangan yang berhasil Honduras dan Panama raih. Efeknya tim asuhan Bruce Arena hanya mampu finis di urutan kelima dan dipastikan tersingkir.

Pada laga kemarin AS kesulitan menembus pertahanan Trinidad dan Tobago yang tak pernah bisa meraih kemenangan dalam sembilan laga terakhirnya, mereka enam kali kalah secara beruntun di ajang kualifikasi.

Bahkan AS harus mengejar ketinggalan setelah Trinidad mampu unggul 2-0 lewat gol bunuh diri Omar Gonzales. Pemain berusia 29 tahun itu melakukan kesalahan saat hendak menyapu bola sehingga berbuah gol bunuh diri. Pada menit 37 Trinidad berhasil menambah keunggulannya lewat tendangan jarak jauh Alvin Jones.

AS hanya mampu memperkecil skor melalui bintang muda Christian Pulisic di menit ke-47 yang memanfaatkan umpan Darlington Nagbe. Tembakannya membentur Daneil Cyrus sehingga bola tak dapat dihalau oleh kiper lawan Adrian Foncette.

Tim tuan rumah hampir saja kembali unggul dua gol, tapi beruntung upaya Levi Garcia masih bisa diblok oleh Matt Besler, dan tembakan Shahdon Winchester pada menit ke-63 masih bisa dihentikan Howard.

Clint Dempsey yang masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua sempat mengancam namun tendangan volinya masih bisa diselamatkan Foncette. AS terus menekan di 21 menit terakhir jelang berakhirnya laga.

AS nyaris menyamakan kedudukan dan lolos ke play-off untuk menghadapi Australia, namun peluang dari Bobby Wood kembali bisa diamankan oleh Foncette. Hingga laga berakhir AS pun gagal mencetak gol yang krusial itu. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here