Beranda TANGERANG HUB Kecamatan Pamulang Unggulkan Jumsihling

Kecamatan Pamulang Unggulkan Jumsihling

0
BERBAGI

PAMULANG-Jelang peringatan hari jadi ke-9, seluruh kecamatan dituntut punya program unggulan. Tahun ini, Kecamatan Pamulang, menjagokan Jumsihling, yaitu program Jumat Bersih Keliling. Camat Pamulang Deden Juardi mengungkapkan, program menjadi andalannya karena memiliki tujuan yang sangat fundamental. Yakni, menggerakkan warga cinta kebersihan lingkungan. Sehingga, kata Deden, akan tercipta lingkungan bersih dan sehat.

Dalam Jumsihling, Deden selalu memimpin langsung. Gerakan Jumsihling digelar keliling kampung. Menurut Deden, ini dilakukan karena, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Baik kecamatan, kelurahan maupun dari warga itu sendiri. Makanya, setiap minggu dilakukan di lokasi yang berbeda-beda. “Dalam melaksanakan kerja bakti kita melibatkan staf kecamatan dan warga setempat,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (12/10).

Deden menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memelihara dan menjaga lingkungan. Baik kartor kecamatan, kantor kelurahan, selokan air supaya terlihat indah, rapi, bersih dan sehat. Selain dari pemeliharaan lingkungan kantor dan tempat lain, ada dua sisi lain yang muncul dalam kegiatan kerja bakti tersebut. Pertama, untuk membangun kebersamaan di antara keluarga besar Kecamatan Pamulang, baik masyarakat, pemerintah kelurahan dan aparat yang berada di kecamatan.

Kedua, dengan lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan dalam pelayanan publik, baik kepada petugas maupun warga. “Bahkan yang paling utama adalah kenyamanan bagi pemohon layanan,” tambahnya. Jika kegiatan kerja bakti ini rutin dilakukan, maka warga sekitar  yang paling pertama merasakan manfaatnya. Jadi, jika kegiatan seperti ini diimbangi dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, maka hasilnya pasti akan lebih maksimal. Jumat bersih dilakukan pegawai Kecamatan Pamulang dengan beramai-ramai membersihkan sampah seperti di Jalan Siliwangi. Camat dan pegawai masing-masing membawa kantong plastik dan mengambil sampah yang ditemui.

Selain sampah, dengan melibatkan petugas Trantib Kecamatan, juga dilakukan penertiban spanduk liar. Yakni, yang tidak memiliki izin dan dipasang tidak pada tempatnya. “Spanduk juga menjadi perhatian kita saat pelaksanaan Jumat bersih lantaran kerap mengganggu keindahan lingkungan,” jelasnya. Sementara itu, staf Kecamatan Pamulang Sri mengatakan, gerakan Jumat bersih baik dilakukan untuk memacu semangat warga dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Ini bagus, jadi warga bisa tertular supaya hidup bersih dan tidak buang sampah sembarangan,” katanya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here