Home TANGERANG HUB Warga Batusari Bikin Biopori Pakai Ember

Warga Batusari Bikin Biopori Pakai Ember

0
SHARE

TANGERANG – Mengantisipasi genangan air yang datang setiap kali musim penghujan tiba, warga RW 03, Kelurahan Batusari, membuat biopori. Lubang tersebut dibuat warga dati ember bekas cat ukuran 25 liter.

Warga menggali lubang berdiameter sesuai ukuran ember. Setelah laing digali sedalam sekitar 1 meter, warga membenamkan 3 ember dengan posisi ditumpuk. “Kami merencanakan membuat biopori ini di RT 02, 03, 04 dan 05,” ungkap Lurah Batusari Ahmad Syamsudin, Senin (16/10).

Dikatakan, di masing-masing RT tadi akan dibuat 10 lubang biopori.  “Kami telah selesai menggali 20 biopori di RT 02 dan RT 03. Sedangkan sisanya, dalam waktu dekat ini pembuatan lubang akan kami laksanakan,” tutur Syamsudin.

Pembuatan biopori kata Syamsudin, untuk meminimalisir genangan air sedalam 10 – 15 sentimeter di 4 lingkungan RT tadi. “Ini upaya yang kami lakukan untuk menghindari genangan,” ungkapnya.

Secara swadaya dan bergotong royong, masyarakat menggali lobang. Termasuk menyiapkan ember bekas kemasan cat. Babinsa dan binamas setempat menurut Syamsudin, tidak ketinggalan berperan aktif membantu warga.

“Selain untuk resapan air, lubang  biopori sangat ramah lingkungan. Sebab mampu mengurangi emisi gas dan mengubah sampah organik menjadi kompos,” terang lurah yang bekerja di wilayah Kecamatan Batuceper ini. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here