Home TANGERANG HUB Banyak Aduan Calon PPK

Banyak Aduan Calon PPK

0
SHARE

TANGERANG –  KPU Kota Tangerang mendapat banyak aduan terhadap calon PPK yang saat ini tengah menjalani seleksi. Aduan yang disampaikan masyarakat berupa track record peserta seleksi. Bahkan ada yang meminta KPU untuk tidak meloloskan karena rekam jejaknya yang tidak baik untuk menjadi penyelenggara Pilkada di tingkat kecamatan. Meski begitu, tak sedikit juga  yang memberikan aduan positif sebagai bentuk dukungan.

“Nggak nyangka, ternyata respon masyarakat cukup tinggi. Hari pertama saja hampir 90 orang memberi respon,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, Kamis (26/10).

Dikatakan, KPU telah meluluskan 116 calon PPK yang mengikuti tes tertulis.    Saat ini KPU memang tengah membuka tanggapan masyarakat terhadap calon PPK sebelum tahapan tes wawancara.

Ditambahkan, tanggapan yang diberikan masyarakat beragam. Mulai dari bentuk dukungan hingga penolakan. ” Ada yang mengirim melalui email dan aplikasi di Bentos,” ujarnya.

Untuk yang mendukung, kata Sanusi hal itu tidak ada masalah, namun bagi yang mendapat penolakan, pihaknya akan melakukan klarifikasi. “Saat tes wawancara nanti kita konfrontir atas tanggapan tersebut. Hasil klarifikasi tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan untuk meluluskan atau tidak kandidat yang bersangkutan,” ujarnya.

Usai masyarakat memberi masukan, para kandidat akan mengikuti seleksi wawancara. Dipaparkan Sanusi, seleksi wawancara akan dilaksanakan selama dua hari, 28-29 Oktober. Gelombang pertama peserta dari Kecamatan Tangerang, Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Periuk, Neglasari, Benda serta Batuceper.

Gelombang kedua, peserta dari Kecamatan Cipondoh, Pinang, Karangtengah, Ciledug, dan Larangan. “Semua peserta seleksi wawancara ini akan dipanel dan akan diuji oleh 5 komisioner KPU Kota Tangerang langsung,” katanya.

KPU Kota Tangerang katanya mengharapkan penyelenggara di tingkat PPK ini dapat menjalankan tugasnya secara independen dan berintegritas. “Masukan masyarakat untuk nama-nama calon PPK yang lulus dipersilahkan dilayangkan ke email kami: humas.kpukotatangerang@gmail.com atau melalui Chat SI BENTOS di nomor Whats App (WA) 0856-926-20008,” tandasnya.

Komisioner KPU Wahyul Furqon menyatakan, dengan tingginya tanggapan dari masyarakat terhadap nama penilaian kandidat menunjukkan adanya partisipasi masyarakat. “Partisipasi itu disebut partisipasi substantif, jadi mereka tidak hanya datang ke TPS, tapi ingin memastikan proses pemilu berjalan lancar,” ujarnya. (abd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here