Home TANGERANG HUB Banyak TPS 3R Mati Suri

Banyak TPS 3R Mati Suri

0
SHARE

PAMULANG-Sampah menjadi permasalahan bagi kota-kota besar, tak terkecuali di Kota Tangsel. Untuk mengatasi persoalan sampah Pemkot Tangsel terus menggalakkan warga agar membuat bank sampah dan tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS 3R) di masing-masing kelurahan. Sayangnya, banyak TPS 3R itu mati suri.

Salah satu kelurahan yang memanfaatkan keberadaan bank sampah dan TPS3R adalah kelurahan Bambu Apus. Sekretaris Kelurahan Bambu Apus Subur mengatakan, saat ini Bambu Apus memiliki 12 bank sampah dan 5 TPS 3R. “Kita masih kekurangan bank sampah dan TPS 3R karena, kita memiliki 70 RT dan 9 RW,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (25/10).

Subur menambahkan, keberadaan bank sampaha maupun TPS3R saat ini administrasinya masih acak-acakan dan akan dibenahi dan tidak semuanya aktif. Keberadaan bank sampah dan TPS 3R harus membawa berkah bukan sebaliknya justru menimbulkan masalah. Bank sampah dan TPS 3R harus betul-betul difungsikan secara maksimal sesuai tujuan fasilitas tersebut dibangun. “Sehingga sampah bisa berkurang dan yang masih bisa digunakan tentukan dimanfaatkan. Yang bisa didaur ulang ya diolah lagi,” tambahnya.

Masih menurut Subur, TPS 3R di Bambu Apus berada di RW 6 Villa Pamulang Mas, RW 6 yang dikelola Asrob, RW 1 di rumah warga, di RW 5 dan di RW 8 di rumah warga. Sedangkan bank sampah ada 12 titik seperti di RT 1, 2, 4, 5, 7, 8, 9 dan lainnya. Bambu Apus terkenalnya adalah bank sampah dan TPS3R dan jumlahnya akan terus ditambah lagi.

Selain itu, Bambu Apus juga menjadi tempat kunjungan dari daerah lain seperti Provinsi Bali dan Ambon. Mereka belajar bagaiamana memanfaatkan sampah menjadi barang berguna dan bermanfaat. Selain di tengah warga, ada dua sekolah yang sudah memiliki bank sampah, dan Puskesmas dan kantor kelurahan juga akan disediakan bank sampah.

Penyuma olahraga sepakbola tersebut menjelaskan, bank sampah penting karena, masalah sampah bukan hanya masalah pemkot namun seluruh warga.
Sampah di Bambu Apus dengan adanya bank sampah dan TPS 3R jumlahnya berkurang. “Tapu, perlu adanya pengawasan dari dinas terkait dan kita memerlukan bak amrol untuk ditempatkan di sekitar perumahan Alam Segar dan GOR Darusalam,” jelasnya.

“Jika bank sampah dan pengelolaan TPS3R dikelola dengan sungguh-sungguh hasilnya akan berpengaruh buat kebersihan di Kota Tangsel,” tutupnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here