Home TANGERANG HUB Panwascam Jangan Berperan Ganda

Panwascam Jangan Berperan Ganda

0
SHARE

TANGERANG – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tangerang diminta untuk berdiri di tengah dalam menjalankan tugasnya. Artinya tidak berpihak ke mana pun. Panwascam juga tidak boleh memiliki peran ganda. Panwascam harus fokus terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sudah diamanatkannya. “Panwascam tidak boleh menjadi tim sukses kandidat. Baik pada pilkada, pileg maupun pilpres,” ungkap Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang M Agus Muslim saat melantik 39 Panwascam se-Kota Tangerang, di Days Hotel and Suite, Neglasari.

Agus mengancam, akan memecat panwascam yang kedapatan menjadi bagian dari tim sukses. “Kami tidak main-main. Yang bersangkutan pasti akan kami pecat,” tegas Agus. Ia juga meminta agar panwascam tidak ambil bagian pada kegiatan sosial di wilayah.

Seperti menjadi petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), petugas Program Keluarga Harapan dan sebagainya. “Panwascam hanya memiliki kewenangan dalam hal pengawasan. Bila ditemukan di luar itu, bisa berkoordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK),” terang Agus.

Ia menekankan, agar panwascam tidak tergiur dengan iming-iming dari calon atau pasangan calon. “Pegang teguh profesionalitas, netralitas dan independensi. Jadilah seorang panwascam yang jujur dan adil,” katanya.

Sebanyak 22 panwascam yang dilantik merupakan pendatang baru. Selebihnya, merupakan petugas lama. Setelah melantik panwascam, dalam waktu dekat panwaslu akan merekrut pengawas pemilu lapangan (PPL) di 104 kelurahan. Ditambah 3.100 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS).

“Jadi organisasi kami memerlukan sumber daya manusia yang cukup besar. Mereka juga harus handal,” tandas Agus. Hadir pada acara pelantikan panwascam, Asda I Kota Tangerang Ivan Yudhianto. Kedatangannya  mewakili Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang berhalangan hadir ke tengah acara.

Tampak hadir seluruh komisioner KPU Kota Tangerang, Ketua MUI Kota Tangerang KH Edi Junaedi Nawawi dan Camat Neglasari Ubaidillah Ansar. Juga hadir Kapolsek Neglasari Kompol Ubaidillah serta sejumlah pengurus partai politik.

Dalam sambutannya Ivan berharap, agar panwascam mampu bekerja secara profesional dan independen. Terlebih beberapa bulan ke depan, Kota Tangerang akan menghadapi pemilihan kepala daerah. “Jangan sampai lengah. Junjung dan kawal pesta demokrasi dengan sebaik-baiknya,” ujar Ivan. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here