Home ADVERTORIAL 50 WP Dapat Penghargaan KPP Pratama Cikupa

50 WP Dapat Penghargaan KPP Pratama Cikupa

0
SHARE

 

PAGEDANGAN – Sebanyak 50 wajib pajak (WP) di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang ini layak menjadi teladan. Sudah taat membayar pajak, nilai setoran pajaknya juga terbesar dari seluruh WP yang ada di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cikupa. Ke-50 WP itu pun diganjar penghargaan.

Kepala KPP Pratama Cikupa Heri Kuswanto menjelaskan, pemberian penghargaan bertujuan untuk mengapresiasi kesadaran wajib pajak yang telah memberikan kontribusi terhadap negara. Ke-50 wajib pajak tersebut merupakan penyumbang pajak terbesar di wilayah KPP Cikupa. “Sudah selayaknya (wajib pajak besar-red) mendapatkan apresiasi. Sesungguhnya pahlawan yang sebenarnya adalah mereka yang mambayar pajak,” ucapnya ketika ditemui Tangerang Ekspres di The Spring Club, Gading Serpong, Senin (5/2).

Pemberian penghargaan tersebut menjadi sebuah momentum untuk mendorong kesadaran wajib pajak lainnya supaya lebih patuh membayar pajak. Menurutnya, kesadaran WP membayar pajak di Kabupaten Tangerang, sudah relatif baik. Namun adanya puluhan ribu WP yang belum patuh membayar pajak menjadi pekerjaan rumah bagi institusinya di tahun 2018 ini.

“Saat ini masih terdapat 27 ribu WP yang perlu diawasi untuk ditingkatkan kepatuhannya. Saya komitmen untuk melayani, bagi yang belum patuh akan kami lakukan pengawasan, teguran dan pemeriksaan,” tambahnya.

Pengawasan dapat dilihat dari proses cara melakukan pembayaran, seperti yang tedapat pada masa pembayaran dan jumlah yang dibayarkan. Ia mencontohkan, teguran dapat diberikan jika pembayaran melewati waktu jatuh tempo atau besaran jumlah yang disetorkan tidak sesuai dengan hasil yang diterima oleh WP. Data yang dihimpun, selama tahun 2017 pajak yang terkumpul di KPP Cikupa mencapai Rp 8,111 trliun.

Ia berharap, kesadaran masyarakat membayar pajak dapat terus meningkat setiap tahunnya. Sebab masyarakat dapat sejahtera jika APBN terpenuhi, apalagi 85 persen sumbernya berasal dari pajak.

“Jadi kalau sekarang kepatuhan belum menyeluruh, kita harapkan makin tahun makin meningkat,” tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten Catur Rini Widosari menjelaskan, selama tahun 2017 pendapatan pajak dari 11 kantor pajak yang terkumpul di Kantor DJP Banten mengalami kenaikan sebesar 30 persen atau dari Rp 12 triliun menjadi Rp 50,461 triliun. Perempuan yang pernah menjabat di Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak ini mengklaim telah melakukan capaian pendapatan setoran pajak sebesar 102,6 persen di tahun 2017.

Capaian tersebut terdiri atas target sebesar Rp 38,3 triliun dan realisasinya mencapai Rp 39,2 triliun. Untuk mendukung program pemerintah pusat, di tahun 2018 target penerimaan setoran pajak ditargetkan mengalami kenaikan sebesar 32 persen di seluruh Kantor Pajak Pratama, kecuali bagi KPP Madya Tangerang yang hanya memiliki WP sebanyak 800 orang.

“Saya yakin target tersebut akan tercapai, dengan cara pendekatan dan strategi yang diterapkan untuk meyakinkan mereka akan kecintaannya terhadap negara,” ujar perempuan asal Kudus, Jawa Tengah ini. (mg-6/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here