Home TANGERANG HUB Jangan Mudah Terprovokasi Informasi Medsos

Jangan Mudah Terprovokasi Informasi Medsos

0
SHARE

TIGARAKSA – TNI menyatakan siap mendukung penuh pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang dengan aman. TNI selalu bersinergi dengan kepolisian dalam mengatur strategi pengamanan.

Jika ada kelompok tertentu yang berupaya menggagalkan penyelenggaraan pesta demokrasi di dua wilayah tersebut, akan ditindak tegas. Demikian dikatakan Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Iwan Setiawan, usai peresmian Kodim 0510/Tigaraksa, kemarin. Dia pun meminta agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu negatif yang disebarkan melalui media sosial (medsos).

“Jangan mudah terprovokasi oleh media sosial yang kadang-kadang ada yang memancing di air keruh, padahal kita adem ayem saja. Segala sesuatu yang akan berupaya menggagalkan (pelaksanaan Pilkada), tentunya kita sudah punya langkah tersendiri. Bersinergi dengan kepolisian,” ujar dia kepada Tangerang Ekspres, Kamis (8/2).

Dia menyebutkan, berdasarkan permintaan pihak kepolisian dalam membantu pengamanan Pilkada, TNI mengerahkan ratusan prajuritnya ditambah tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Bawah Satuan Operasi (BKO). Sebanyak 400 prajurit ditambah satu SSK BKO diperbantukan di Kota Tangerang, sedangkan di Kabupaten Tangerang 500 prajurit ditambah dua SSK BKO.

Dalam hal mengantisipasi adanya ancaman dari kelompok tertentu, TNI selalu bersinergi dengan kepolisian dan pemerintah daerah setempat. Iwan menegaskan, situasi di wilayah Tangerang Raya secara keseluruhan kondusif. Hingga kini belum diendus adanya kelompok terorisme dan organisasi radikal.

Peresmian Kodim 0510/Tigaraksa

Sejak dibangun tahun 2013 silam, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono akhirnya meresmikan kantor Kodim 0510/Tigaraksa. Salah satu tujuan gelar pengembangan kewilayahan, kata Mulyono, adalah untuk mencegah potensi-potensi ancaman. Gelar komando pun dilakukan hingga  tingkat desa.

Dia berharap, tiga pilar selalu bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Jangan sampai jargon ‘1×24 jam’ hanya lambang. “Tentu juga saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, karena pengandaan tanah dan gedung ini bersumber dari dana hibah,” kata Mulyono kepada awak media.

Hadir pada peresmian tersebut Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjend TNI Jaswandi, Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Iwan Setiawan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif, Dandim 0506/Tangerang Letkol Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tangerang, serta tokoh masyarakat.

Usai peresmian kantor, Iwan Setiawan memimpin acara pelantikan Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Yogi Muhamanto serta alih kodal (komando dan pengendalian). Tak lupa dia menyampaikan terimakasih kepada MI Gogor atas dedikasi yang ditorehkan selama memimpin 21 satuan Koramil, serta mengucapkan selamat bertugas kepada Yogi yang akan membawahi 14 satuan Koramil.

Untuk diketahui, Kodim 0510/Tigaraksa merupakan pemekaran dari Kodim 0506/Tangerang. Sehingga 14 Koramil lepas dari Kodim 0506/Tangerang, terdiri dari Koramil 16/Pasar Kemis, Koramil 17/Rajeg, Koramil 13/Kronjo, Koramil 12/Kresek, Koramil 14/Mauk, Koramil 15/Sepatan, Koramil 03/Teluk Naga, Koramil 21/Panongan, Koramil 09/Cikupa, Koramil 08/Legok, Koramil 07/Curug, Koramil 11/Tigaraksa, Koramil 20/Cisoka, dan Koramil 10/Balaraja.

Sementara Kodim 0506/Tangerang tinggal membawahi 7 satuan Koramil, yakni Koramil 01/Tangerang, Koramil 02/Batuceper, Koramil 18/Jatiuwung, Koramil 05/Ciledug (Kota Tangerang), Koramil 04/Serpong, Koramil 19/Pondok Aren, dan Koramil 06/Ciputat (Kota Tangerang Selatan). (mg-3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here