Home OLAHRAGA 0 Southampton vs Liverpool 2

0 Southampton vs Liverpool 2

0
SHARE

LAGA kontra Southampton yang berkahir, Senin (12/2/2018) dinihari WIB dijadikan Liverpool sebagai start ulang untuk bisa memastikan tiket Liga Champions dalam genggaman setelah sebelumnya ditahan imbang Tottenham Hotspur. Laga di St Mary’s Stadium menghasilkan nilai penuh usai menang 2-0 atas Southampton.

The Reds menang 2-0 berkat gol-gol dari Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Kedua pemain ini bergantian mencetak gol dan memberi assist dalam proses gol Liverpool. Firmino mengawali gol di menit ke-6 memaksimalkan umpan Salah, pemain Brasil ini dengan tenang menuntaskannya dengan tendangan first time.

Liverpool mampu menggandakan keunggulan di menit 42. Firmino dan Salah melakukan kerja sama satu-dua di depan kotak penalti Southampton. Firmino, yang membelakangi gawang, meneruskan bola kepada Salah yang kemudian dengan tenang menuntaskannya menjadi gol.

Hasil itu menjaga Liverpool tetap di posisi tiga klasemen dengan nilai 54 dari 27 pertandingan. Skuat asuhan Jurgen Klopp hanya terpaut 2 poin dibawah Manchester United (MU) yang pada laga akhir pekan kemarin takluk 1-0 dari Newcastle United.

Hasil yang dicapai MU menambah ketat persaingan untuk empat besar. Selain MU dan Liverpool, di posisi empat ada Tottenham Hotspur dengan nilai 52 dari 27 laga. Posisi Spurs masih bisa dilewati Chelsea, yang saat ini mengumpulkan 50 poin dari 26 laga.

Empat tim ini bakal saling sikut untuk menempati tiga posisi tersisa di empat besar, dengan posisi teratas dikuasai Manchester City. City saat ini sudah 16 angka di depan MU. Ada pula Arsenal di posisi enam, tujuh poin dari Spurs di tempat keempat, yang masih berpeluang memperketat persaingan.

Menanggapi persaingan untuk finis empat besar Liga Primer Inggris yang semakin ketat Pep Guardiola mengingatkan timnya untuk fokus mengamankan poin dari 11 laga tersisa. Karena pekan-pekan kedepan menjadi masa yang sulit untuk timnya mengingat di bagian bawah klasemen, banyak tim ingin mengamankan diri dari zona degradasi. Sebagaimana yang dirasakan Liverpool di laga lawan Soton, tim yang menempati posisi 18 sementara.

“Kami tak punya akhir pekan yang normal lagi. Kami ingin finis di empat besar dan kami butuh poin-poin,” ungkap Manajer Liverpool Juergen Klopp kepada BBC.

“Saya tak merasa sembilan poin dari Arsenal itu cukup untuk bisa tenang, tapi memang keunggulannya sembilan poin. Ada banyak poin untuk dikejar dan kami akan mencoba terus seperti ini,” tandasnya.

Salah satu pahlawan kemenangan Liverpool, Salah mengaku kunci kemenangan timnya atas Southampton berasal dari gol cepat yang disarangkan oleh Firmino pada awal pertandingan.

“Sangat penting bagi kami untuk memiliki awal yang baik. Saat mampu mencetak gol pada 10 atau 15 menit pertama, hal itu akan membuat permainan menjadi lebih mudah dan kurang mendapat tekanan,” ucap Mohamed Salah seperti dikutip dari BBC.

Dan Salah pun mengamini pernyataan Klopp dimana The Reds butuh fokus dan konsentrasi untuk menghadapi laga-laga berikutnya.

“Saya senang dengan awal pertandingan ini, tetapi kami harus terus memandang ke depan menghadapi pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Pada laga kontra Southampton, Salah menyamai rekor penyerang legendaris Liverpool, Robbie Fowler. Tercatat Salah mengemas 19 dari 22 gol dengan kaki kiri yang memang jadi andalannya. Total gol tersebut menyamai rekor Fowler, sebagai pemain kidal tersubur dalam semusim Liga Primer Inggris yang dibuat tahun 1994/1995.

Dengan 22 gol, Salah menempel ketat Harry Kane dalam perburuan gelar top skorer sekaligus menjauh lagi dari Sergio Aguero. Salah sudah punya 22 gol, Kane 23 gol, dan Aguero dengan 21 gol. (apw/gdc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here