Home BANTEN 16 Parpol Belum Tentu Jadi Peserta Pemilu

16 Parpol Belum Tentu Jadi Peserta Pemilu

0
SHARE

SERANG – KPU Banten tidak akan menjamin dari 16 parpol yang dinyatakan lolos rekapitulasi tingkat Provinsi Banten bisa menjadi peserta pemilu 2019. Hal itu dikarenakan berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, parpol yang akan ikut serta dalam pemilu harus 100 persen memenuhi syarat di 34 provinsi.

Ketua KPU Banten Agus Supriatna mengatakan, pihaknya tidak bisa menjamin seluruh parpol dapat ikut pemilu 2019. Pihaknya masih menunggu hasil pleno rekapitulasi parpol di tingkat pusat.

“Setelah tanggal 17 Februari hasilnya baru ketahuan. Jadi hasil ini kita kasih ke KPU RI, nanti mereka akan melakukan pleno dari tanggal 13-17 Februari. Tapi untuk Banten sendiri semuanua memenuhi syarat,” kata Agus saat ditemui usai pleno rekapitulasi parpol di salah satu rumah makan di Kota Serang, Senin (12/2).

Dijelaskan Agus, mengacu UU Nomor 7 Tahun 2017, parpol yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) ikut dalam pemilu 2019 tingkat provinsi harus memenuhi syarat 75 persen. Atau dari delapan kabupaten/kota, enam kabupaten/kota dinyatakan MS.

“Jadi syarat minimal lolos parpol tingkat provinsi Banten yaitu memenuhi syarat di enam kabupaten/kota. Kalau di bawah enam itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” jelasnya.

Menurut Agus, dari 16 parpol, 14 diantaranya menenuhi syarat di delapan kabupaten/kota. Sedangkan dua parpol hanya MS di tujuh kabupaten/kota.

“Yang dua parpol itu Partai Bulan Bintang (PBB) yang dinyatakan TMS di Kota Tangerang, kalau tujuh daerah mereka MS. Satu lagi itu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang TMS di (Kabupaten) Lebak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus menyatakan, secara umum seluruh parpol yang telah mendaftarkan dinyatakan lolos atau MS. Hal itu dikarenakan syarat minimal MS adalah di enam kabupaten/kota.

“Semuanya kan di atas enam, jadi MS semua. Termasuk empat partai baru yaitu Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Garuda,” ujarnya.
“Sama halnya denga 12 parpol lama itu Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura, PBB, PPP, PAN, Nasdem, PDIP, PKS, PKPI, dan PKB. Semuanya dinyatakan MS,” sambungnya.

Terpisah, Ketua DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah mengaku optimis jika partainya akan lolos menjadi peserta pemilu 2019. “Yakin lah. Masa nggak lolos kebangetan itu,” katanya.

Senada dengan Asep, Sekretaris DPD Golkar Banten Bahrul Ulum juga mengaku optimis partainya akan lolos. Meski begitu, pihaknya masih menunggu hasil di tingkat pusat. “Tinggal nunggu rekapitulasi di KPU RI,” ujarnya.(tb/ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here