Home BANTEN Kasemen Juara Umum MTQ

Kasemen Juara Umum MTQ

0
SHARE

SERANG – Kecamatan Kasemen berhasil menjadi juara umum pada ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII tingkat Kota Serang yang berlangsung dari 14-16 Februari. Kafilah Kecamatan Kasemen berhasil memperoleh nilai tertinggi 140, disusul kafilah dari Kecamatan Walantaka sebagai juara kedua dengan nilai 93, dan Kafilah Kecamatan Taktakan juara ketiga dengan nilai 62.

Selanjutnya, diurutan keempat diraih oleh kafilah Kecamatan Serang dengan nilai 46, dan Cipocok Jaya juara lima dengan nilai 43, dan terakhir tuan rumah MTQ VIII tingkat Kota Serang meraih juara terakhir dengan nilai 19. Sedangkan untuk juara pawai ta’aruf dimenangkan oleh tuan rumah (Kecamatan Curug) dengan nilai 93, kedua Walantaka dengan nilai 92, dan ketiga Kasemen dengan nilai 89.

Sementara untuk juara katagori kendaraan hias OPD diraih oleh Setda Pemkot Serang dengan perolehan nilai 660, kedua Inspektorat dengan nilai 640, ketiga Dinas Lingkungan Hidup daerah (DLHD) dengan nilai 620. Sedangkan kafilah terfavorit dimenangkan oleh Kementrian agama (Kemendag), dan untuk berbasis data diraih oleh kafilah LPTQ Kecamatan Taktakan.

Dalam sambutannya, Walikota Serang Tb. Haerul Jaman menyampaikan, kesuksesan MTQ ini bukan dilihat dari prestasi yang didapat, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana memahami al quran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, khususnya juara umum yakni Kecamatan Kasemen, dan saya minta prestasi yang didapat ini bisa dipertahankan,” katanya, pada penutupan MTQ VIII tingkat Kota Serang di panggung utama halaman masjid Al-Firdaus Cilaku, Kecamatan Curug, Jumat (16/2).

Maka dari itu, dirinya mengajak semua pihak agar melakukan pembinaan kepada para peserta MTQ, sehingga kata Jaman, ke depan para peserta ini dapat diikut sertakan dalam MTQ tingkat provinsi bahkan dapat mewakili dalam perhelatan MTQ tingkat nasional ke-27 nanti.

“Kami harapkan yang nanti mewakili MTQ tingkat nasional dari Banten adalah peserta dari Kota Serang, sehingga dapat mengharumkan Kota Serang,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor satu di Kota Serang ini menyampaikan, MTQ ini membawa hikmah seperti memperat silahturahim dan membangun Kota Serang.

“Jika kandungan dalam Alquran ini dapat diaplikasikan maka suasana religi di Kota Serang ini akan terasa,” katanya.

Kemudan hikmah lainnya kata Jaman, melalui MTQ ini ajang dalam memberikan nilai untuk membentuk karakter masyarakat yang hobi dalam membaca al quran, sehingga dapat mencetak generasi qurani, serta tangguh dan tidak ketinggaln pula dalam memahami ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena saat ini jaman digitalisasi, maka mau tidak mau harus memahaminya agar tidak ketinggalan zaman.

Sementara itu, Camat Kasemen Subagyo menyatakan, jika sudah sekian lama baru kali ini Kecamatan Kasemen dapat meraih juara umum dalam MTQ, dan pihaknya juga akan mempertahankan prestasi ini, sehingga pada MTQ yang akan datang bisa kembali lagi juara umum.

“Kami juga akan terus memberikan pembinaan, agar bisa terpilih mewakili MTQ tingkat provinsi, dan kami juga akan membrikan uang kadedeh,” katanya. (and/ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here