Home TANGERANG HUB Imlekan, Napi Pemuda Dihibur Dangdut

Imlekan, Napi Pemuda Dihibur Dangdut

0
SHARE

TANGERANG – Merayakan Hari Raya Imlek, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Klas IIA Tangerang  mengkampanyekan  anti narkoba dengan menggelar pentas seni. Selain menampilkan kreatifitasnya, para napi itu juga digoyang hiburan dangdut.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Ajub Suratman menyebutkan, acara untuk membangun kreasi seni. Kegiatan itu juga bertujuan meningkatkan mentalitas dan membentuk mindset anti narkoba.

“Karena 65 persen warga binaan di Banten ini tersandung kasus narkoba,” ujar Ajub.

Kegiatan yang menampilkan seluruh kegiatan seni dari lapas atau rutan se-Banten itu, kata Ajub, telah menampilkan mulai dari group band, tarian modern hingga kelompok musik angklung.

“Intinya acara hiburan seni ini dari mereka untuk mereka. Intinya kegiatan yang positif. Karena event ini komitmen anti narkoba. Kita juga selipkan asimilasi hiburan dan tamu dari luar. Agar napi juga bisa melihat orang luar,” ungkapnya.

Sehingga kegiatan ini, lanjutnya dapat mengubah paradigma buruk dari masyarakat yang memandang sebelah mata kehidupan di dalam lapas yang dalam bayangnya hanya adanya kegaiatan negatif.

“Padahal di dalam sini kegiatan kita positif, seperti berkreasi dibidang seni atau ibadah di masjid atau gereja. Sehingga kita punya komitmen agar untuk mereka sadar dari dirinya sendiri, untuk mainggalkan narkoba,” jelasnya.

Sementara, Kepala Lapas Klas IIA Tangerang Marlik Subianto mengaku, selama empat bulan dirinya menjabat di hotel prodeo itu, suasana relatif kondusif. Pihaknya membuat acara tersebut agar para napi tidak stres.

“Iya, masih dalam suasana imlek. Acara ini bisa mereka mempunyai kebangaan. Karena penghuni di sini sudah ada sampai 10 sampai 15 tahun. Kalau tidak ada hiburan, bisa stres,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain para warga binaan menampilkan kreatifitasnya dalam bermusik dan tari, adapun hiburan beberapa biduan dangdut yang disambut antusias para napi hingga mereka bergoyang bersama Kanwil Kemenkumham Banten dan Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. (mg-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here