Home TANGERANG HUB Ruang Kelas Pengaruhi Belajar Siswa

Ruang Kelas Pengaruhi Belajar Siswa

0
SHARE

 

SUKAMULYA –  Kenyamanan dalam belajar di ruang kelas mempengaruhi nilai akademik siswa. Kreativitas guru dalam menata ruang kelas begitu dibutuhkan untuk memotivasi siswa dalam belajar, sehingga hal tersebut mampu mendongrak nilai akademik anak didiknya. Hal tersebut yang diungkapkan Rosmanah, Pengawas dan Pembina Gugus 02, SD Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang saat menyerahan lomba penataan ruang kelas, Kamis (22/2).

Lomba yang diikuti SDN Merak 1, SDN Merak 2, SDN Merak 3, SDN Buniayu 1, SDN Buniayu 2, SDN Bunar 1, SDN Bunar 2, SDN Bunar 3, SDN Benda 1, SDN Benda 2 dan SDIT Insan Pratama memiliki penilaian jadual pelajaran, jadual piket, struktur organisasi kelas, pojok baca, alat peraga, fortopolio siswa, papan absen, grafik absen serta prasarana lainnya. Lebih lanjut Rosmanah memaparkan, indikator penilaian kesesuaian kemanfaatan, keindahan, kebersihan dan kreativitas harus terlihat saat guru mengajar di dalam kelas.

“Kenyamanan belajar di sekolah adalah tanggungjawab warga sekolah. Kenyaman belajar di ruang kelas merupakan masalah sederhana, namun dapat mempengaruhi belajar anak secara total,” terang Rosmanah.

Rosmanah mengakui, di SD binaannya masih terdapat kekurangan yang tentunya harus menjadi perhatian baik sekolah, orangtua siswa maupun pemerintah. Keterbatasan alat peraga masih menjadi kendala pada kegiatan proses pembelajaran, sehingga guru masih menggunakan metode ceramah saat menyampaikan materi pembelajaran.

“Ada juga yang alat peraganya sudah memadai, namun guru tersebut enggan menggunakannya. Metode ceramah menjadi pilihan bagi guru tersebut,” ucap Rosmanah, yang didampingi Ae Nuryadi, M Roup dan Suharja yang bertindak sebagai dewan juri.

Rosmanah berharap, lomba penataan ruang kelas ini menjadi agenda rutin gugus. Ia meyakini, lomba yang melibatkan guru dan seluruh siswa membuat guru lebih inovatif dan kreativitas dalam memberikan pembelajaran di kelas.

“Sukses tidak diukur dari posisi yang kita capai, tapi dari kesulitan-kesulitan yang berhasil kita atasi ketika berusaha meraih sukses,” pesan Rosmanah. Pada kegiatan lomba penataan ruang kelas, SDN Merak 1 berhasil meraih juara satu, SDN Buniayu 1 meraih juara dua. Untuk juara tiga berhasil diraih SDN Bunar 3. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here