Home NASIONAL Hanif Jeblok, Menteri Susi Terbaik

Hanif Jeblok, Menteri Susi Terbaik

0
SHARE

 

JAKARTA-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masih menjadi yang terbaik kinerjanya. Sedangkan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri adalah yang terburuk kinerjanya.

Hasil tersebut diperoleh dari survei nasional yang dilakukan Alvara Research Center di seluruh provinsi sejak 17 Januari hingga 7 Februari 2018. Survei yang melibatkan 2.203 responden terpilih ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error dua persen.

Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengungkapkan, umumnya masyarakat memberikan apresiasi positif untuk kinerja para menteri. Namun, ada juga yang menilai negatif terutama untuk menteri di kelompok ekonomi.

“Kami mengelompokkan kinerja menteri menjadi empat kategori. Yaitu menteri bintang 2, 3, 4, dan 5. Makin tinggi bintangnya, menunjukkan kinerja menterinya makin baik,” ujar Hasan saat pemaparan hasil surveinya, Jumat (23/2).

Menteri yang mendapat apresiasi publik dengan sangat baik (menteri bintang 5) adalah Menteri Susi (91,2%), Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa (84,1%), Menteri Perhubungan Budi Karya (84,1%), Menpora Imam Nahrawi (83,9%), Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin (83,4%), Menristekdikti Mohamad Nasir (83,2%), dan Menteri Kesehatan Nila Anfasa Moeloek (83,3%).

Menteri yang masuk kategori bintang 2 yaitu Kepala BPN Sofyan Djalil (79,1%), Mendagri Tjahjo Kumolo (78,5%), Menteri UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (77,8%), Menteri Pertanian Amran Sulaiman (77,6%), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito (76,2%), Menkumham Yasonna Laoly (76,2%) dan Menteri Hanif Dakhiri (74,8%).

Namun begitu, meski Menkop UKM meraih nilai bintang dua, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mengklaim berhasil menjalankan program pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Dalam agenda Nawa Cita Jokowi-JK, kementerian yang dipimpin AAGN Puspayoga mengemban mandat Nawacita ke-6, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional dan Nawa Cita ke-7 menggerakkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Menkop UKM AAGN Puspayoga menyampaikan tiga program prioritas kementeriannya yaitu pengembangan koperasi dan UKM, akses pembiayaan, dan pemberdayaan UMKM melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional. “Ketiganya dijabarkan dalam berbagai program strategis,” kata Puspayoga saat konferensi pers Capaian Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK bertajuk “Perwujudan Indonesia Sentris dan Pembangunan Kewilayahan Secara Merata” di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (jpc/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here