Home BANTEN 49 Peserta Lolos, Ikuti Tes Psikologi

49 Peserta Lolos, Ikuti Tes Psikologi

0
SHARE

SERANG – Sebanyak 49 dari 60 peserta seleksi calon anggota KPU Banten, hari ini Kamis (8/3), akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes psikologi. Tes tersebut digelar di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta, Ciputat.

Diketahui, 49 orang yang akan mengikuti tes psikologi selama dua hari itu merupakan hasil penjaringan dari tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang digelar di Kampus Universitas Serang Raya (Unsera), Rabu (7/3).

Ketua Timsel Calon Anggota KPU Banten Lily Romly mengatakan, ke-49 orang tersebut akan mengikuti tes psikologi selama dua hari yakni mulai tanggal 8-9 Maret.

“Dari hasil tes itu, 49 peserta akan dikerucutkan menjadi 42 orang maksimal. Dan kita usahakan yang maksimal, untuk berikan kesempatan,” kata Lily saat ditemui usai tes tertulis.

Mengenai tempat dilangsungkannya tes psikologi, Lily beralasan, dipilihnya UIN Jakarta karena di kamous tersebut mempunyai sarana dan prasaran yang mendukung seleksi tahap tiga diselenggarakan. Selain itu, dipilihnya institusi pendidikan sebagai tempat tes karena lebih independen.

“Lembaga pendidikan punya integritas dan bisa dipertanggungjawabkan. Di sana juga sarananya mendukung, ada tempat tes psikologi. Kalau di hotel ruangannya terbatas,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

“Tes besok (hari ini) itu dua hari full. Jadi saya minta jaga kesehatan, dan dikarenakan tes dilakukan serentak, saya juga mengimbau kepeda peserta untuk datang tepat waktu kalau bisa sebelum tes dimulai,” kata Lily.

Diinformasikan, tes psikologi calon anggota KPU Banten periode 2018-2023 akan diselenggarakan di Kantor Pusat Layanan Psikologi tepatnya di Kampus II UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, Jalan Kerta Mukti, Cireundeu, Ciputat. Sedangkan tes dimulai pukul 09.00 WIB.

Sementara, mengenai jalannya tes CAT, Lily mengungkapkan, secara umum tes berjalan lancar. Meski begitu, dari 60 orang satu peserta tidak mengikuti tes.
“Iya benar satu orang nggak hadir tanpa keterangan. Otomatis yang bersangkutan gugur,” ujarnya.

Terpisah, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, untuk tes tersebut merupakan kali pertama seleksi calon menggunakan CAT. Ia beryukur jika tes CAT calon anggota KPU Banten berjalan lancar.

“Di sini (Banten) lancar, nggak ada masalah. Saya juga dapat laporan di daerah lain lancar. Bahkan hari ini hasilnya langsung diumumkan,” kata Ilham saat ditemui usai melakukan pantauan di Kampus Unsera.

Dijelaskan Ilham, karena di Banten itu jatahnya tujuh komisioner maka diambil 49 orang. Berbeda di beberapa daerah dengan formasi lima orang komisioner hanya disaring menjadi 35 orang.
“Dari 49 itu nanti disaring jadi 42, dan dipress lagi jadi 14 nama yang akan diserahkan ke KPU RI,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, KPU RI akan kembali melakukan fit and proper tes kepada 14 nama yang diajukan oleh timsel calon anggota KPU Banten.

“Dari 14 nama itu kita akan pilih tujuh nama yang menurut kita memiliki integritas, profesional, punya pengalaman pemilu, dan mamou bekerja di bawah tekanan. Itu prinsip yang akan kita gunakan,” ujarnya.(tb/ang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here