Beranda OLAHRAGA Salut Kopites Buat Saint Iker

Salut Kopites Buat Saint Iker

0
BERBAGI

ANFIELD tak cuma jadi stadion terakhir tempat Porto bermain di Liga Champions. Demikian pula bagi kipernya, Iker Casillas yang sudah menandai 171 laganya pada persaingan berebut Si Kuping Lebar. Dan, Anfield pun seperti memberi penghormatan terakhir bagi San Iker sebelum melangkah masuk tunnel selepas laga.

Di Anfield, sangat jarang pemain lawan yang diberi applaus Kopites. Kecuali, apabila si pemain pernah menorehkan tinta emas bersama Liverpool. “Bahkan, saya tak pernah mendapat applaus serupa di tempat lain,” ungkap kiper berusia 36 tahun tersebut seperti dikutip dari situs resmi Liverpool.

Dilansir Marca, mantan kiper Real Madrid itu seperti sedang berada di depan fans Porto, di Do Dragao. “Jika ini malam perpisahan bagi saya di Liga Champions, mereka (Kopites) bisa menjadikan malam ini tak begitu buruk bagi saya,” tutur Casillas. Ya, tersingkirnya Dragoes ini, bisa jadi akhir Casillas di Liga Champions.

Apalagi kontraknya bersama Porto sudah berakhir pada musim panas ini. Sampai di saat ini belum ada tanda-tanda kontrak Casillas akan diperpanjang. “Tak ada yang tahu tentang masa depan saya,” sebut Casillas yang musim ini baru main tiga kali di Liga Champions itu. Casillas, dalam laga terakhirnya kemarin, menandainya dengan indah.

Termasuk clean sheet kemarin WIB, Casillas sudah mencatatkan 56 clean sheet di dalam Liga Champions. Clean sheet keenamnya bagi Porto di Liga Champions. Casillas kaget melihat perlakuan yang dia dapatkan dari Kopites. Terlebih selama dia melawat ke Anfield, Casillas tak pernah kebobolan dalam dua kunjungan terakhir.

Sebelumnya, ketika dia sukses menjaga gawang Real dari kebobolan pada laga fase grup Liga Champions 2014-2015. Saat itu, Liverpool-nya Brendan Rodgers disikat Real dengan tiga gol tanpa balas. “Saya tahu, mereka (fans Liverpool) sangat menghormati para pemain,” tambah Casillas.

Overall, Casillas main di Anfield tiga kali. Casillas kebobolan empat gol, dan seluruhnya terjadi dalam satu laga pada leg 2 babak 16 Besar Liga Champions 2008-2009. Real dikalahkan Liverpool 0-4. Kiper Liverpool Loris Karius juga mencatatkan rekor clean sheet. Dengan clean sheet-nya lima kali musim ini, Karius sementara kiper dengan clean sheet terbanyak pada Liga Champions.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp meyakini Casillas tak akan pensiun dalam waktu dekat. Klopp yang merangkul Casillas sembari bercakap-cakap seusai pertandingan berakhir mengindikasikan bahwa Casillas belum ingin pensiun.

“Itu adalah pertandingan dia ke-167 [di Liga Champions] bukan? Wow. Saya pikir seluruh skuat bermain lebih sedikit. Saya tidak mengatakan tentang berapa tahun tapi sudah jelas dia masih ingin bermain sampai beberapa tahun lagi,” jawab Klopp di situs resmi Liverpool, saat ditanya mengenai perbincangannya dengan Casillas.

Casillas menjalani debut di Liga Champions pada tahun 2000 saat usianya baru 19 tahun. Sampai kini, Casillas telah memenangi tiga gelar juara tersebut yang semuanya diraih saat membela Madrid.

Casillas sendiri menegaskan harapannya untuk bisa menutup karir di Liga Portugal dengan status juara. Dengan sembilan laga tersisa Porto berada di puncak klasemen dengan nilai 67 selisih 5 poin dari Benfica di posisi kedua dengan 62 poin.

“Saat ini kami masih memimpin klasemen Liga Portugal dan itu harus bisa dipertahankan,” kata Casillas. (jpg/apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here