Home TANGERANG HUB DLH Angkut Sampah Situ

DLH Angkut Sampah Situ

0
SHARE

PAMULANG-Puluhan orang turun membersihkan Situ Tujuh Muara di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangsel, Kamis (8/3). Tumpukan sampah dan eceng gondok langsung diangkut ke mobil truk milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangerang Selatan, Wisman Syah mengungkapkan, ini merupakan salah satu upaya DLH untuk membersihkan sampah. Meskipun kewenangan hanya sampah di darat, namun Wisman menyatakan akan tetap berupaya membersihkan sampah di perairan.

“Ada satu unit truk yang tadi kami terjunkan ke lokasi. Itu untuk mengangkut sampah, sehingga situ terlihat lebih bersih dan indah dilihat,” kata Wisman saat dikonfirmasi.

Selain itu, kegiatan ini kata Wisman juga bentuk respon DLH dan OKP Ganespa terhadap keluhan masyarakat di perihal banyaknya sampah di Situ Tujuh Muara. Lanjutnya, pogram kebersihan pengangkutan sampah di situ-situ Kota Tangsel, akan lebih diintensifkan lagi.

Tentunya pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendirian dalam upaya perawatan lahan konservasi dan daerah resapan air. Oleh sebab itu, pengangkutan sampah tersebut pun tak hanya dilakukan DLH sendiri. Namun, dibantu warga sekitar dan aktivis lingkungan OKP Ganespa. Menurut Wisman, hal ini juga membuktikan adanya sinergi untuk menekan sampah di Kota Tangsel.

“Kalau kerja sama dilakukan secara utuh, saya percaya persoalan sampah di situ (tandon, red) tidak akan jadi masalah serius. Diharapkan warga juga dapat menjaga kebersihan termasuk para pengunjung atau pedagang di sekitar,” tambahnya.

Sementara itu, Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) OKP Ganespa Hafiz Fidon mengatakan, upaya perawatan kelestarian lingkungan tidak adil bila hanya diserahkan kepada pemkot saja. Menurutnya, pencemaran air sudah terjadi di Situ Tujuh Muara dan mesti segera diatasi agar tidak semakin parah. “Air situ (tandon) sudah bercampur dengan minyak goreng dan ampas tahu. Jadi harus segera dilakukan penindakan yaitu dengan mengangkut,” kata Fidon.

Meskipun sudah ada OPD yang bertanggung jawab, kata Fidon, semua tidak akan berjalan maksimal tanpa peran serta masyarakat. “Kita harus sama-sama menjaga kebersihan situ. Ini tanggung jawab kita semua. Bagi warga yang berdekatan dengan Situ Tujuh Muara jangan membuang sampah sembarang. Apalagi limbah rumah tangga mengalir ke situ tersebut,” pungkasnya. (mg-7/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here