Home TANGERANG HUB TP PKK Binwil di Lembang Sari

TP PKK Binwil di Lembang Sari

0
SHARE

RAJEG – Bina Wilayah (Binwil) merupakan kegiatan evaluasi yang telah dilaksaakan Tim Penggerak (TP) PKK Desa Lembang Sari, Kecamatan Rajeg. Selain itu, untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman anggota TP PKK tentang tata cara pelaksanaan buku administrasi PKK yang baik.

Hal itu dilontarkan oleh Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabuapaten Tangerang Rismawati Maesyal Rasyid saat memberikan sambutan dalam acara Bina Wilayah (Binwil) di Desa Lembang Sari, Kecamata Rajeg, Kabupaten Tangerang, kemarin (27/3).

Risma mengatakan, kegiatan Binwil akan berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat sehingga dianggap perlu untuk diadakan. Oleh sebab itu, Binwil harus dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), penyempurnaan kelembagaan, administrasi dan program kerja.

Kemudian, Risma melanjutkan, gerakan PKK dengan 10 program pokok telah mampu menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat. Sepuluh program PKK itu, sambungnya, dalam implementasinya senantiasa mengikutsertakan masyarakat secara aktif mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemeliharaan dan pengembangan hasil-hasil.

Dalam kesempatan ini, Risma mengatakan, dia ingin melihat sejauh mana perkembnagan atau progres mengenai kegiatan gerakan PKK dan pelaksanaan 10 program PKK, apakah ada peningkatan, kemunduran atau jalan di tempat saja.

“Semoga maksud dan tujuan diadakan Binwil akan dapat terwujud sehingga gerakan PKK nanti semakin baik serta berkembang,” harapnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Rajeg Umiyati Ahmad Patoni mengatakan, Desa Lembang Sari ditunjuk untuk Bina Wilayah berdasarkan penilaian TP PKK Kecamatan Rajeg. “Semoga TPP PKK Lembang Sari bisa mendapatkan hasil penilaian yang baik,” harapnya.

Ketua TP PKK Desa Lembang Sari Maya Sopi mengatakan, Desa Lembang Sari memiliki luas 208 hektare dengan jumlah penduduk 8.690 jiwa ,terdiri dari laki-laki 4358 jiwa dan perempuan 4332 jiwa, tersebar di 16 RT dalam 6 RW.

Anggota khusus kesekretariatan, Sopi mengatakan, anggota TP PKK Desa Lembang Sari sebanyak 20 orang, TP PKK tingkat RW sebanyak 6 orang, TP PKK tingkat RT 16 orang dan jumlah kelompok dasawisma ada 10.

Kemudian, lanjutnya, POKJA I memiliki 1 kelompok BKL. Lalu, lansia yang dibina ada 20 orang serta memilik 1 kelompok silmulasi. POKJA II mempunyai 1 Kelompok BKB dengan membuat kerajinan tangan, serta memiliki kelompok PAUD. POKJA III menerapkan penganekaragaman makanan dengan pola Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), serta pembinaan rumah sehat dengan pemanfaatan halaman melalui program yang bernama Hatinya PKK. POKJA IV memiliki 7 Posyandu, 1 Posbindu, 3 Pos Ibu Hamil, Jumlah ibu hamil 201 orang, 1 pos gizi dan Bumil kekurangan energi kronis 2 orang.

Dia meminta, bimbingan dari TP PKK Kabupaten Tangerang agar TP PKK Desa Lemban Sari lebih baik lagi kedepannya. (mg-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here