Home TANGERANG HUB Ganjil Genap Belum Bisa Diterapkan

Ganjil Genap Belum Bisa Diterapkan

0
SHARE
UJICOBA: Sosialisasi aturan ganjil genap di gerbang Tol Tangerang 2 dan Kunciran 2 akan diperpanjang selama satu minggu. BPTJ masih menunggu Permenhub untuk menerapkan ganjil genap. FOTO: Fajar Jufri/Tangerang Ekspres

TANGERANG-Sosialiasi penerapan aturan ganjil genap di Tol Tangerang 2 dan Kunciran 2 akan diperpanjang selama seminggu kedepan. Sebelumnya, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menargetkan sosialisasi berakhir pada akhir April dan penerapan aturan ganjil genap resmi diberlakukan pada 1 Mei 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman mengatakan, BPTJ akan memperpanjangan masa uji coba ganjil genap tersebut dari waktu uji coba selama dua minggu menjadi tiga minggu pada saat rapat koordinasi beberapa waktu lalu. “Dalam rapat koordinasi dengan pihak BPTJ ujicobanya diperpanjang selama satu minggu ke depan,” ujarnya saat dihubungi Tangerang Ekspres, Jumat (27/4).

Kendati demikian, Saeful mengaku belum mendapatkan teknis perpanjangan uji coba dari BPTJ perihal ganjil genap. “Kami masih belum mendapat petunjuk lebih lanjut dari BPTJ. Selain itu, kami juga masih menunggu pemberitahuan ataupun surat resmi dari BPTJ. Berdasarkan informasi yang saya dapat, uji coba ini akan diperpanjang ke Gerbang  Karawaci 2,” tuturnya.

Menurutnya, perpanjangan masa sosialisasi ini dalam rangka lebih mematangkan persiapan sehingga saat penerapannya nanti berjalan lancar, “Kami akan terus menyosialisasikan dan mempersiapkan sarana lainnya seperti marka jalan,” tukasnya.

Sementara itu, Humas BPTJ, Budi Raharjo mengatakan ujicoba tol ganjil genap kemungkinan diperpanjang apabila Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum juga mengeluarkan Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub). “Sesuai perencanaan, ujicoba memang dimungkinkan diperpanjang jika memang pada akhir April ini Permenhub belum turun,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (29/4).

BPTJ, kata Budi, masih menunggu kepastian lebih lanjut terkait penerapan ganjil genap ini. “Oleh karena itu, baiknya kita tunggu sampai Senin (hari ini), karena pada hari Senin kami akan sampaikan siaran pers resmi,” tandasnya.

Diketahui, berdasakrkan evaluasi Dishub Kota Tangerang terjadi penurunan arus kendaraan pribadi sebanyak 30 persen terjadi saat sosialisasi penerapan aturan ganjil genap. Para pengendara memilih berangkat lebih pagi untuk menghindari peraturan ganjil genap yang diterapkan pada pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB untuk melalui pintu Tol Tangerang 2 dan Kunciran 2.

Dengan adanya sosialiasi ganjil genap ini pihak BPTJ berharap volume kendaraan berkurang dan kemacetan dapat terurai, khususnya masyarakat Tangerang yang akan berangkat ke Jakarta. Masyarakat diharapkan dapat pindah dari kendaraan pribadi untuk menggunakan moda transportasi massal. Selain itu BPTJ juga sudah menyediakan 20 armada bus premium sebagai alat transportasi umum.(mg-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here