Home TANGERANG HUB 59 Dokter Awasi Hewan Kurban

59 Dokter Awasi Hewan Kurban

0
SHARE
TUNJUKAN PEDOMAN: Kabid Peternakan DKP3 SS Nugraheni (kanan) menunjukkan pedoman hewan kurban sehat, kepada salah seorang pedagang. FOTO: Dok. Miladi/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Untuk menghindari terkena penyakit yang dibawa dari daerah asal hewan kurban, Kota Tangsel melakukan pengawasan terhadap penjual hewan. Sejumlah tempat penjualan hewan kurban di Tangsel menjelang Idul Adha 1439 H mendatangkan jajajarn Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Tangsel menurunkan 59 dokter hewan.

“Kami akan memeriksa, memonitor dan mengecek kondisi hewan ternak kurban yang dijual di wilayah Kota Tangsel,” kata Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan DKP3 Tangsel, Pipit S Yuniar, Senin (30/7), seperti dilansir Poskota.com.

Puluhan dokter hewan itu nantinya bertugas memeriksa kesehatan hewan di tempat-tempat penampungan sebelum dipotong .

Tidak hanya itu, tambah dia, pihaknya juga akan menyiapkan dokter hewan tersebut mengawasi jalannya pemotongan; memeriksa kesehatan organ dalam hewan yang dipotong; memberikan edukasi kepada masyarakat terkait jika ada temuan penyakit apakah boleh atau tidak untuk dikonsumsi.

“Mereka akan disebar di seluruh kelurahan jadi setiap kelurahan ada satu dokter hewan untuk memantau kegiatan penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

Tahun 2017 lalu dari hasil pemeriksaan tim dokter yang diturunkan untuk memantau hewan kurban ditemukan hewan dengan penyakit kudis atau scabies dan cacingan pada hati. “Namun penyakit tersebut tidak membahayaan atau relatif masih aman,” tuturnya. (pkt/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here