Home PENDIDIKAN Memajukan Sekolah Hijaukan Lingkungan

Memajukan Sekolah Hijaukan Lingkungan

0
SHARE
TANAM POHON:  Kelapa Desa Kepala Desa Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Muhammad Sanwani (kanan), saat menanam pohon di SMA Darussalam Badak Anom, Senin (6/8). FOTO: Deden/Tangerang Ekspres

SINDANG JAYA – Program penghijauan sekolah sebenarnya sudah sangat umum dibicarakan. Namun masih jarang dilakukan serius oleh pihak sekolah. Tidak demikian bagi Sekolah Darussalam Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. Sekolah yang menaungi MI, MTS dan juga SMA Darussalam ini justru menjadikan program penghijauan sebagai salah satu cara memajukan sekolah agar dipandang lebih oleh masyarakat.

Berkat usaha keras yang dilakukan siswa dan guru dengan aktif menanam pohon dan bunga di lingkungan sekolah, kini sekolah ini berhasil membawa sekolah yang dahulu gersang menjadi sekolah hijau dan juga rindang. Tak hanya itu, program penghijauan menjadi faktor pendukung bertambahnya jumlah siswa.

Kepala SMA Darussalam Badak Anom, Turmudi, memaparkan, awalnya ia tidak begitu peduli dengan suasana lingkungan, termasuk lingkungan sekolah. Namun, pria yang pernah mengenyam pendidikan pesantren ini tertantang membuat sekolah yang dipimpinnya itu asri dan nyaman.

“Saat itu saya berpikir bagaimana sekolah ini tidak dipandang remeh. Anak-anak harus mau sekolah di sini. Tapi bagaimana orang mau sekolah di sini kalau lingkungannya tidak asri dan nyaman. Maka saya usahakan membuat sekolah ini memiliki ciri khas yang ramah lingkungan,” ujar Turmudi, kemarin.

Kecintaannya terhadap program penghijauan lingkungan sekolah ia tularkan kepada guru maupun siswanya. Karena itu, Turmudi ingin penghijauan dilakukan agar para siswa nyaman belajar di sekolah.

Program penghijauan harus diperhatikan oleh guru-guru dan siswa. Karena itu, ia secara perlahan menanam pohon di sekitar sekolah dan aktif mengajak siswa agar tidak membuang sampah sembarangan. Hasilnya secara perlahan guru-guru mengikuti program penghijauan di sekolah.

“Dalam mengajak mereka yang tidak suka cinta lingkungan harus kita berikan praktik, bukan hanya mengajak melalui kata-kata,” katanya.

Turmudi mengajak anak-anak sejak usia sekolah sudah harus paham tentang pentingnya menanam pohon, dan harus siap menjadi pelopor pelindung pohon. “Karena bumi adalah rumah kita yang harus dijaga dengan cara menanam pohon,” ucapnya.

Sementara itu, Kelapa Desa Kepala Desa Badak Anom H Muhammad Sanwani, merasa tertarik dengan ajakan Kepala SMA Darussalam Badan Anom untuk melakukan penghijauan.

Sanwani, memberikan motivasi kepada seluruh siswa Sekolah Darussalam Badak Anom, dengan menanam pohon bersama dengan guru maupun siswa di sekolah tersebut. Bahkan Sanwani berjanji akan terus melakukan penghijauan di Sekolah Darussalam Badak Anom.

“Saya mengajak seluruh guru maupun siswa untuk bersama-sama melakukan penghijauan, baik itu di sekolah maupun di lingkungan rumah,” tegas Sanwani. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here