Home TANGERANG HUB PMI Buka Posko Gempa Lombok

PMI Buka Posko Gempa Lombok

0
SHARE
BANTUAN: Salah seorang warga menyerahkan bantuan ke PMI Kabupaten Tangerang untuk korban Gempa Lombok. FOTO: Humas PMI Kab. Tangerang for Tangerang Ekspres

CURUG –  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang membuka posko bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Posko bantuan untuk korban bencana gempa bumi tersebut dibuka di Markas PMI Kabupaten Tangerang di Jalan Raya Curug, KM 02, RT 003/003, Desa Kadu, Kecamatan Curug.

Posko dibuka untuk warga Kabupaten Tangerang yang ingin turut memberikan bantuan kepada korban gempa yang menyebabkan puluhan warga meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka. Tak hanya itu, sekitar 80 persen bangunan di Lombok rusak parah. Langkah tersebut sebagai aksi solidaritas dan kepedulian sesama. Apalagi, informasi dari PMI Pusat kondisi warga pascagempa cukup memprihatinkan dan membutuhkan banyak bantuan dari masyarakat.

Sekretaris PMI Cabang Kabupaten Tangerang Anda Suanda menjelaskan, bantuan sekecil apapun yang dititipkan ke PMI Kabupaten Tangerang akan disalurkan untuk korban bencana di Lombok. Dia mengharapkan bantuan tersebut bisa meringankan penderitaan korban bencana.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Disporabudpar Kabupaten Tangerang ini menjelaskan, setelah bantuan terkumpul segera disalurkan agar bisa dimanfaatkan oleh korban bencana. Namun saat ini, kegiatan donasi masih dilakukan. Bahkan pembukaan posko di Markas PMI Kabupaten Tangerang dibuka mulai 7-27 Agustus.

Lebih lanjut Anda mengungkapkan, pihak PMI Kabupaten Tangerang menjalin kerjasama dengan pihak swasta, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Tangerang, pihak kecamatan maupun sekolah melalui musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS)  Kabupaten Tangerang.

“Masyarakat yang ingin membantu korban bencana tersebut juga bisa langsung mendonasikan ke rekening PMI Kabupaten Tangerang melalui nomor rekening 0736 0534 54 Bank Banten,” kata Anda.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Tangerang Suranto mengatakan, saat ini relawan PMI dari berbagai daerah di Indonesia sudah banyak yang diberangkatkan ke Lombok, mulai dari tim evakuasi, penyisiran, hingga dokter dan perawat. Pihaknya sekarang tengah bersiap-siap, karena bisa sewaktu-waktu relawan diberangkatkan ke Lombok maupun Bali untuk membantu penanganan korban bencana.

“Jika kita diminta untuk berangkat ke lokasi gempa, maka PMI Kabupaten Tangerang sangat siap. Hanya saja saat ini kami sedang fokus pada penggalangan dana,” tegas Suranto, yang lebih beken disapa Otoy. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here