Home PENDIDIKAN SDN Karang Serang 1 Incar Akreditasi Sekolah A

SDN Karang Serang 1 Incar Akreditasi Sekolah A

0
SHARE
PEMBEKALAN: Pengawas SD Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang saat memberikan pembekalan kepada guru SDN Karang Serang 1, Kecamatan Sukadiri, kemarin. FOTO: Deden/Tangerang Ekspres

SUKADIRI – Akreditasi sekolah begitu penting bagi kemajuan pendidikan. Bahkan akreditasi bukan hanya sebatas memberi label pada sekolah. Untuk itu, agar hasil akreditasi betul-betul sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk diperbaiki atau ditingkatkan oleh satuan pendidikan.

Memahami hal tersebut, SDN Karang Serang 1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang benar-benar mempersiapkan proses akreditasi, yang akan mendatangkan tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah melakukan penilaian akreditas di sekolah tersebut. Delapan standard pendidikan diperiksa tim asesor nantinya. Selain itu, tim juga memantau langsung kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Parjoko, Pengawas SD Kecamatan Sukadiri mengatakan, penilaian akreditasi sekolah melakukan pemeriksaan, apakah sekolah bersangkutan melaksanakan delapan standar pendidikan itu atau tidak. Menurutnya, dalam penilaian akreditasi, selain menjalankan delapan standard, sekolah juga harus menjalankan standard operasional prosedur (SOP). “Apakah dalam penerapannya sesuai perencanaan sekolah,” jelas Parjoko, yang didampingi  Sarkam.

Setelah dilakukan penilaian, nantinya data akan disatukan dan dilakukan validasi, kemudian dilanjutkan verifikasi, baru diplenokan. Namun diakuinya, dari delapan standar yang dimiliki SDN Karang Serang 1 diyakininya sudah cukup bagus.

Sebelumnya Kepala SDN Karang Serang 1  mengatakan Edi Sugiana, akreditasi B yang diperoleh sekolahnya harus ditingkatkan untuk naik akreditasi menjadi A.

Meskipun tidak mudah meraihnya, Namun, sekolah yang dipimpinnya terus berupaya mencapainya. Menghadapi akreditasi ini, pihaknya membagi tugas dengan guru lainnya untuk memudahkan persiapannya. Karena harus menyelesaikan beberapa standar akreditasi. “Standar ada delapan yang harus dipenuhi,” sebutnya.

Ia mengharapkan, sekolah terpenuhi standar baik kualitas sekolah maupun sarana prasarana dan mendapat akreditasi A. “Tentunya demi kemajuan SDN Karang Serang 1 ini,” katanya.

Lebih lanjut Egi memaparkan, ia memiliki keyakinan jika kualitas guru SDN Karang Serang 1, mampu memenuhi delapan standar pendidikan. Apalagi, secara fisik lingkungan SDN Karang Serang 1 terus melakukan perbaikan.

“Ada ataupun tidak akreditasi sekolah, SDN Karang Serang 1 terus melakukan pembenahan, baik itu fisik maupun akademik,” tegas Egi. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here