Home PENDIDIKAN Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan Islami

Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan Islami

0
SHARE
TAMPIL: Menunjukkan minat dan bakat siswa, sejumlah siswa mengikuti acara pentas seni dan bakat yang digelar PAUD Cikal Harapan, BSD. FOTO: Dok. Sekolah for Tangerang Ekspres

SERPONG – Anak – anak usia dini merupakan masa emas bagi pertumbuhannya. Sebab itu, para orangtua selalu selektif dalam menitipkan putra-putrinya untuk memilih sekolah berkualitas. Termasuk yang menjadi alasan utama bagi kebanyakan orangtua murid di sekolah PAUD Islam Cikal Harapan, Kecamatan Serpong.

Kepala PAUD Islam Cikal Harapan Siti Aisah mengatakan, keberhasilan pendidikan yang diterapkan merupakan hasil dari program-program yang nyata. Jika membentuk siswa berkarakter Islami, PAUD Cikal Harapan membuat pembelajaran al quran, salat berjamaah hingga mengaji.

“Tidak ada anak terbentuk karakter Islami sekadar dari cerita para guru atau gambaran dari buku. Tapi disini, anak-anak diajak menjalankan aktivitas agama secara nyata, sehingga manfaat dan keberkahan yang mereka dapat benar-benar mereka rasakan dan membekas,” ungkapnya.

Ia memaparkan, dalam memberikan proses pembelajaran berkualitas pihaknya mengandalkan model pembelajaran centra yang terbukti mampu menggali delapan standar potensi anak. Yakni, mengacu pada menggali potensi bahasa, kognitif, seni, naturalis, motorik halus, motorik kasar, inter personal dan intra personal.

Kata Aisah, Semua program juga tidak terlepas dari dukungan serta kerjasama di berbagai pihak. Termasuk para orangtua murid melalui FKOMG. Kelompok tersebut banyak memberikan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ia mengutarakan, masa anak usia dini dianggap sebagai momen terpenting dalam membentuk karakter anak di masa depannya. Oleh karena itu, dalam menerapkannyapun pihaknya tidak sembarangan.

“Setiap waktunya, kami selalu mengevaluasi kinerja serta menggali berbagai bahan ajar yang bisa disesuaikan pada anak didik. Terpenting menjalin komunikasi dua arah bersama orangtua agar anak tidak merasa bingung terhadap pembelajaran di sekolah dengan rumah,” jelas Aisah.

Sementara itu, Aida salah satu orangtua siswa mengatakan guru-guru di sekolah ini selain memberikan pendidikan yang kreatif juga mampu memahami karakter setiap murid. Dengan begitu, ia mengaku yakin kalau setiap proses pembelajaran sangat sesuai bagi setiap anak. Ditambah lagi dengan banyaknya ragam ekskul yang tentunya memudahkan pencarian bakat anak.

“Saat ini saya sudah yang ketiga menyekolahkan anak di sini. Saya tau betul kualitas pendidikan di sekolah ini mampu mengembangkan potensi anak – anak kami dengan sangat baik,” ungkap Aida.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here