Home TANGERANG HUB Pramuka jadi Perekat NKRI

Pramuka jadi Perekat NKRI

0
SHARE
SERAHKAN PIALA: Ka Mabian Kwaran Curug Rahyuni (kiri), menyerahkan piala Pramuka kepada Ketua Kwaran Curug Mulyani, saat upacara HUT Pramuka ke 57 tingkat Kwaran Curug, Selasa (14/8). FOTO: Deden/Tangerang Ekspres

CURUG – Memperingati momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 57 tahun 2018, Pramuka diharapkan menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu dikatakan Ka Mabiran Kwaran Curug Rahyuni, saat memimpin upacara HUT Pramuka yang diselenggarakan Kwaran Curug, Selasa (14/8).

Rahyuni menjelaskan, gerakan Pramuka tetap fokus memperekat kaum muda, sampai saat ini semangatnya tidak pernah pudar. Pramuka juga tidak boleh kuno, harus tetap mengikuti perkembangan zaman. Pramuka, kata Rahyuni, harus keren, gembira dan asyik sehingga kaum muda menjadi bangga menjadi anggota pramuka.

Pramuka juga harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan zaman tanpa meninggalkan nilai dasar Pramuka. Camat Curug menghimbau orangtua tidak ragu dan khawatir anaknya mengikuti Pramuka. Karena Pramuka mengajarkan kemandirian, tanggungjawab, serta bagaimana arti kerjasama. “Semoga penghargaan yang diberikan sebagai pemacu anggota Pramuka untuk lebih giat dan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Kwaran Curug Mulyani, mengatakan, diikuti oleh 1500 anggota Pramuka mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57 sangat hikmat, diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Mulyani mengatakan, diadakannya HUT Pramuka ini agar meningkatkan dan memberi pemahaman Pramuka seperti apa, supaya mereka lebih mengenal bagaimana peran Pramuka sesungguhnya. “Selain itu adanya kegiatan ini demi meningkatkan kinerja, disiplin karakter dari seluruh pengurus dan anggota Pramuka di Kecamatan Curug,” tutur Mulyani.

Ia berharap di Kecamatan Curug memiliki kegiatan kepramukaan lebih meningkat dan lebih meriah lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Mulyani berharap anggota Pramuka miliki komitmen tinggi, cinta tanah air dengan meningkatkan ketrampilan, kreativitas. Karena, kata dia, di Pramuka akan terlatih jiwanya untuk lakukan terobosan inovasi dan karya misalnya membuat alat dan lain sebagainya.

“Di Pramuka itu menimbulkan rasa senang dengan menyanyi, hiking. Ke depan dengan mencontoh pendahulunya dibutuhkan anak cerdas, anak kreatif dan bisa bekerja keras,” paparnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here