Home OLAHRAGA Indonesia vs Hongkong, Target Juara Grup

Indonesia vs Hongkong, Target Juara Grup

0
SHARE
Beto Goncalves

BEKASI-Tiket lolos ke babak 16 besar Asian Games 2018 sudah di tangan timnas U-23 Indonesia. Namun, bukan berarti tim asuhan Luis Milla itu akan mengendurkan kekuatan ketika menghadapi Hongkong U-23 di Stadion Patriot, Bekasi, malam ini. Ya, meski kalah dalam pertandingan hari ini, tiket babak 16 Besar tetap berada di tangan, karena status peringkat ketiga terbaik telah terkunci.

Itu tidak lepas dari hasil di beberapa grup lain yang bermain kemarin. Namun, lolos dengan peringkat ketiga bisa menyulitkan bagi Merah Putih di babak berikutnya. Apabila lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, maka kemungkinan pada babak 16 Besar Indonesia akan berhadapan dengan juara grup B, Uzbekistan atau juara grup C Tiongkok.

Kedua tim itu sangat fantastis di fase grup dengan selalu menang dalam tiga pertandingan.
Uzbekistan bahkan lebih beringas dengan mencetak 10 gol dan sama sekali tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan. Padahal, pesaing mereka tidak ringan, seperti Thailand, Qatar, dan Bangladesh. Adapun Tiongkok selalu menang atas Syria, Uni Emirates Arab (UEA), dan Timor Leste.

Pelatih Indonesia U-23 Luis Milla telah memastikan akan turun dengan kekuatan terbaik dan memburu kemenangan. Winger Irfan Jaya yang sempat dikhawatirkan karena kurang fit, sudah siap. “Irfan sudah fit, kemungkinan susunan pemainnya sama seperti ketika lawan Laos (17/8),” jelas asisten pelatih Indonesia U-23 Bima Sakti. Berdasarkan pemantauan terhadap permainan Hongkong, staf pelatih Indonesia menyimpulkan lawan memiliki penguasaan bola yang baik di lini tengah.

“Mereka juga punya postur tinggi-tinggi,” katanya. “Karena itu Luis Milla meminta lebih rapat di tengah,” lanjut Bima. Antisipasi bola mati juga diharap bisa jadi fokus timnas. Bima menjelaskan sepakan bebas Hongkong cukup berbahaya. Selain itu, lemparan bola ke dalam juga menjadi senjata andalan anak asuh Kenneth Kar Lok Kwok tersebut. “Nomor tiga (Wang Kit Tsui) sangat berbahaya lemparan ke dalamnya,” ujarnya.

Di sisi lain, pelatih Hongkong Kenneth Kar Lok Kwok menjelaskan bahwa sangat menantikan laga melawan Indonesia. Sebab, selain perebutan juara grup A, juga dukungan suporter Indonesia bisa menjadi tantangan buat timnya. “Kami sudah siap untuk itu. Saya menggaransi pertandingan bakal berjalan menarik,” tuturnya. Kenneth mengatakan, skuadnya tidak bakal lengkap ketika menghadapi Indonesia nanti malam.

Bek tengah yang juga pemain naturalisasi andalannya Fernando Recio Comi tidak bisa bermain karena cedera. Meski begitu, dia sudah menyiapkan satu pemain untuk jadi pengganti. Menurut dia, ada tiga pemain Indonesia yang patut diwaspadai. Selain Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly, Hongkong juga mewaspadai winger lincah Febri Hariyadi. Kecepatan dan skill menggiring bolanya yang bagus menjadi ancaman. “Tapi, kami juga tahu kelemahan lawan. Kami punya kans besar untuk menang besok (hari ini, Red),” bebernya.

Berbeda dengan Indonesia yang butuh menang untuk menjadi juara grup A, Hongkong hanya butuh imbang untuk merebut status juara grup. Sebab, dengan tambahan satu angka, Hongkong akan memiliki koleksi angka sama banyak dengan Palestina, tapi punya produktivitas gol lebih baik. (jpg/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here