Home PENDIDIKAN Dindikbud di TBM Kolong Flyover Ciputat, Menggapai Asa Kemerdekaan

Dindikbud di TBM Kolong Flyover Ciputat, Menggapai Asa Kemerdekaan

0
SHARE
BUKU BARU: Puluhan anak-anak TBM Kolong Flyover Ciputat menunjukkan kegembiraannya usai mendapatkan koleksi buku baru pemberian Dindikbud Kota Tangsel. FOTO: Bunga/Tangerang Ekspres

TANGSEL – Hari kemerdekaan merupakan momen bersejarah dan momen terpenting bagi suatu negara, termasuk Indonesia. Pasalnya, kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Suatu hal yang semestinya seluruh rakyat Indonesia tidak lupa akan hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus. Banyak cara yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan. Tak ketinggalan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel bersama puluhan anak-anak di Taman Baca Masayarakat (TBM) Kolong Flyover Ciputat.

Kepala Dindikbud, Taryono terlihat ramah dan menyenangkan diantara puluhan anak-anak. Bermain, bernyanyi bahkan menari kelinci bersama anak-anak menjadi momentum yang membahagiakan bagi anak-anak.

“Saya hadir disini untuk bersama anak-anak merayakan Hut RI ke-73. Kami membaca buku bersama, bernyanyi hingga menari bersama, kita habis waktu yang singkat ini dengan bersama-sama. Melihat mereka berlomba dan mendengarkan mimpi dan cita-cita mereka. Kita menggapai asa atau harapan kemerdekaan anak-anak dihari kemerdekaan Indonesia,” ungkap Taryono pada Tangerang Ekspres.

Ia menjelaskan, dibawah Dindikbud serta sejumlah OPD lainnya, TBM Kolong Flyover Ciputat merupakan TBM terbaik satu se-Indonesia. Menggelontorkan program terbaik berjudul “S.M.A.R.T sebagai strategi pengelolaan TBM Kolong melalui program C-More dalam membentuk karakter masyarakat kolong.

“Kita semua disini bersama teman-teman relawan menjaga dan merawat TBM ini. Terus memfasilitasi hingga menjadi TBM yang mampu mecetak potensi anak-anak. Kegiatan di TBM mampu mencegah prilaku kekerasan, narkoba dan hal buruk apa pun sejak dini,” tegas Taryono.

Ilmu Bagaikan api yang harus dinyalakan bukan bejana yang menunggu untuk diisi. Dengan itu, Taryono sempat memberikan puluhan koleksi bukunya untuk menambah reverensi buku-buku di TBM Kolong Flyover Ciputat. Anak-anak sekitar pun menyambut baik dan langsung melakukan aktivitas membaca bersama.

“Sepertinya saat ini yang dibutuhkan adalah perbaikan. Mulai dari rak buku hingga pembatas kaca agar debu-debu dijalanan tidak merusak buku-buku yang tersimpan. Kalau bersih anak-anak juga nyaman dan pantas untuk dilihat juga,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan berlomba bersama serta bagi-bagi hadiah. Seluruh pihak berharap, kegiatan ini bisa berlangsung secara berkesinambungan tak sekadar hari kemerdekaan saja. Taryono yakin, anak-anak kolong senang jika dikunjungi dan didengar cerita-ceritanya.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here